Daun Jarak

6 Manfaat Daun Jarak yang Belum Banyak Diketahui, Murah Meriah dan Manjur

Daun jarak merupakan salah satu tanaman herbal yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan manusia.

Editor: Muh. Irham
tribun-timur.com
manfaat daun jarak untuk sariawan 

TRIBUNTIMUR.COM - Daun jarak merupakan salah satu tanaman herbal yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan manusia.

Daun jarak ini diketahui mempunyai berbagai kandungan yang berguna bagi tubuh. Mulai dari kandungan alkaloid, astragalin, fitonutrien, nicotiflorin, kaempderol, dan quercetin. Beberapa kandungan dalam daun jarak ini dikatakan mampu mengatasi berbagai gangguan penyakit.

Tidak heran, jika daun jarak sering kali dijadikan bahan alami dan tradisional untuk mengobati berbagai penyakit. Seperti untuk meredakan kondisi demam pada anak, meredakan perut kembung, hingga mengatasi masalah sembelit atau susah buang air besar.

Bukan hanya itu, terdapat beberapa khasiat daun jarak bagi kesehatan tubuh yang tidak kalah penting.

Manfaat daun jarak bagi kesehatan berikut ini, dapat dijadikan referensi dan rekomendasi sebagai pengobatan tradisional untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan.

Selain itu, kami juga merangkum bagaimana cara mengolah daun jarak dengan baik agar dapat dikonsumsi sebagai obat.

Manfaat daun jarak bagi kesehatan yang pertama yaitu berguna untuk meredakan sariawan. Manfaat in bisa didapatkan dari getah daun jarak.

1. Mengobati sariawan

Caranya sangat mudah, Anda cukup mengeluarkan getah daun jarak dengan meremas-remas bagian ujung daun dan batang daun jarak.

Setelah muncul getah, oleskan getah tersebut pada bagian mulut yang terkena sariawan secara perlahan. Anda cukup mengoleskan sedikit saja, hingga perlahan sariawan akan berkurang.

2. Mengatasi Perut Kembung

Manfaat daun jarak bagi kesehatan berikutnya adalah mampu mengatasi perut kembung. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda bisa mengoleskan atau menempelkan daun jarak pada bagian perut yang sedang terasa kembung.

Sebelumnya, siapkan beberapa lembar daun jarak yang masih utuh dan cuci menggunakan air bersih. Selanjutnya, berikan sedikit minyak kayu putih pada permukaan daun jarak.

Lalu oleskan daun jarak pada bagian perut dan sekitar dada. Cara ini dapat memberikan rasa hangat pada tubuh. Untuk hasil yang baik, Anda bisa melakukan cara ini sebelum tidur dan dibiarkan selama semalaman.

Halaman
123
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved