Breaking News:

Tanaman Porang

Cara Menanam Porang Agar Tumbuh Subur dan Berumbi Besar

Tanaman porang memilki nilai bisnis yang cukup menjanjian. Umbi porang merupakan salah satu tanaman yang diekspor ke luar negeri

Editor: Muh. Irham
TRIBUN-TIMUR.COM/NINING
Petani di Dusun Tellang, Desa Talumae, Kecamatan Watang Sidenreng, Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan, saat mengecek bibit porang yang sudah mulai tumbuh, Minggu (4/7/2021). 

TRIBUNTIMUR.COM - Tanaman porang memilki nilai bisnis yang cukup menjanjian. Umbi porang merupakan salah satu tanaman yang diekspor ke luar negeri dengan nilai yang menjanjikan.

Kekspor Porang mencapai 750 ton setiap tahun. Utamanya tanaman ini dikirim ke Jepang dan Cina.

Porang bisa menjadi makanan alternatif selain nasi. Selain itu, umbi porang juga telah terbukti dapat digunakan sebagai bahan baku kosmetik, obat-obatan, dan bahan baku industri.

Ketua Umum Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (Gapmmi) Adhi S. Lukman mengatakan di Jepang ada satu kawasan yang menjadikan Porang sebagai makanan utama dengan berbagai olahan seperti mie hingga makanan variasi sumber protein.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam satu kesempatan menilai budidaya tanaman Porang perlu ditingkatkan, karena memiliki nilai jual tinggi dan merupakan komoditas ekspor yang sangat potensial.

Adapun Porang adalah jenis tanaman yang masuk dalam klasifikasi umbi-umbian dengan nama marga Amorphophallus.

Bentuk pohon Porang berupa batang tunggal dan semu yang diameternya antara 5 mm hingga 50 mm. Sejak 2019, Porang yang tadinya tanaman liar mulai sukses jadi primadona petani.

Mengutip situs litbang Kementerian Pertanian Sulawesi Selatan, Senin (7/6/2021), Porang ternyata terbilang mudah untuk ditanam.

Tanaman ini biasa tumbuh liar di hutan tropis dengan ketinggian rata-rata mencapai sekitar 1,5 meter. Namun perlu dicatat, Porang membutuhkan naungan sehingga dapat dibudidayakan sebagai tanaman sela pada hutan rakyat atau hutan tanaman.

Lalu hal apa saja yang perlu diperhatikan agar Porang tumbuh sempurna dan memiliki nilai jual tinggi?

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved