Daun Jarak

Ramuan Daun Jarak untuk Aneka Penyakit, Rasakan Manfaatnya

Berbagai jenis tanaman hidup di Indonesia. Mulai dari tanaman hias, sayuran, hingga tanaman yang dimanfaatkan sebagai tanaman obat.

Editor: Muh. Irham
tribun-timur.com
manfaat daun jarak untuk sariawan 

TRIBUNTIMUR.COM - Berbagai jenis tanaman hidup di Indonesia. Mulai dari tanaman hias, sayuran, hingga tanaman yang dimanfaatkan sebagai tanaman obat.

Ada banyak tanaman yang bisa dijadikan sebagai tanaman obat. Salah satunya adalah tanaman jarak.

Tanaman dengan ciri khas daun lebar serta batang yang berongga ini, ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan manusia.

Untuk dimianfaatkan sebagai tanaman obat, bagian dari tanaman jarak yang dimanfaatkan adalah, daun, buah, biji, dan akarnya.

Berikut manfaat tanaman jarak untuk kesehatan

1. Daun jarak untuk mengatasi susah BAB

Jika kamu mengalami kesulitan untuk BAB alias buang air besar, daun jarak ini bisa kamu manfaatkan untuk mengatasinya.

Caranya, petiklah daun jarak yang masih segar, cuci bersih, kemudian kukus hingga matang. Setelah itu santaplah daun jarak pagar tersebut sebagai lalapan saat makan nanti.

2. Daun jarak untuk menurunkan panas bayi

Bayi yang mengalami panas atau demam pasti akan meresahkan orang tuanya. Usianya yang masih kecil akan sangat rentan jika diberikan obat secara terus menerus.

Oleh karena itu, jika bayi mengalami panas kamu bisa memanfaatkan daun jarak sebagai obat alami.

Caranya adalah siapkan 2 hingga 3 helai daun jarak yang sudah dicuci bersih. Kemudian oleskan minyak yang masih bersih. Setelah itu panaskan daun jarak pagar tadi di atas api selama 2 menit atau hingga panasnya merata di seluruh permukaan daun.

Kemudian letakkan daun yang hangat tersebut di bagian perut dan punggung bayi. Agar daun jarak tetap berada di tubuh bayi, kamu bisa memasangkannya pada bedong, selimut bayi, atau gurita bayi.

3. Daun jarak untuk menghilangkan kurap

Halaman
123
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved