Breaking News:

Tribun Luwu Utara

Edukasi Masyarakat Mitigasi Bencana, BMKG Bakal Adakan Sekolah Lapangan Geofisika di Luwu Utara

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar akan menggelar Sekolah Lapangan Geofisika (SLG) di Kabupaten Luwu Utara

Penulis: Chalik Mawardi | Editor: Sudirman
ist
Subkoordinator Pengumpulan dan Penyebaran Data BMKG Wilayah IV Makassar, R Jamroni saat menemui Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani di ruang kerjanya, Masamba, Rabu (30/6/2021) 

TRIBUNLUTRA.COM, MASAMBA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar akan menggelar Sekolah Lapangan Geofisika (SLG) di Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan.

Selain mengedukasi masyarakat terkait mitigasi bencana, juga untuk meningkatkan kesiapsiagan masyarakat saat menghadapi bencana alam.

Hal itu disampaikan oleh Subkoordinator Pengumpulan dan Penyebaran Data BMKG Wilayah IV Makassar, R Jamroni saat menemui Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani di ruang kerjanya, Masamba, Rabu (30/6/2021).

SLG tersebut bertujuan untuk meningkatkan pemahaman serta membangun kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana alam seperti gempa bumi, banjir bandang, dan bencana alam lainnya.

"Tahun ini hanya dua daerah kita gelar SLG, di Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan dan Toli-toli, Sulawesi Tengah," kata Jamroni dalam rilis Humas Pemkab Luwu Utara, Rabu sore.

Jamroni menambahkan, salah satu alasan SLG digelar di Luwu Utara karena dinilai sebagai daerah yang memiliki potensi bencana yang cukup kompleks.

Sehingga selain upaya pencegahan masyarakat juga harus tahu apa saja yang harus dilakukan saat bencana alam terjadi.

"Selain membangun sikap dan budaya tangguh, SLG juga bertujuan untuk menguatkan koordinasi antara Stasiun Geofisika BMKG di daerah sebagai perpanjangan tangan BMKG Pusat dengan berbagai pihak terkait di daerah," katanya.

"Serta menguatkan peran BPBD sebagai simpul utama rantai komunikasi di daerah dalam memberikan informasi dan arahan yang benar kepada masyarakat dan SKPD terkait peringatan dini potensi terjadinya bencana," jelasnya.

Juga membangun kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana.

Halaman
12
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved