Breaking News:

Citizen Reporter

Sippa Dhamma Samajja Tingkat Nasional, Sulsel Raih 4 Gelar Juara di Riau

Kontingen Provinsi Sulawesi Selatan meraih empat gelar juara pada Sippa Dhamma Samajja Tingkat Nasional VIII Tahun 2021

Penulis: CitizenReporter | Editor: Suryana Anas
Citizen Reporter/Miguel Dharmadjie
Pembimas Buddha Sulsel, Pandhit Amanvijaya, S.Ag., M.M., M.Pd.B. (kiri) dengan official kontingen Provinsi Sulawesi Selatan, Lasnici (kanan) pada penutupan “Sippa Dhamma Samajja Tingkat Nasional VIII Tahun 2021” di Swiss-Belinn ska Pekanbaru, Pekanbaru, Provinsi Riau. 

Citizen Reporter, Miguel Dharmadjie, S.T., CPS®, CCDd®, CPM, Penyuluh Agama Buddha Non PNS Prov. Sulsel

Kontingen Provinsi Sulawesi Selatan meraih empat gelar juara pada “Sippa Dhamma Samajja Tingkat Nasional VIII Tahun 2021” yang diadakan Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Buddha Kementerian Agama Republik Indonesia di Swiss-Belinn ska Pekanbaru, Pekanbaru, Provinsi Riau pada tanggal 21-25 Juni 2021.

Dalam kegiatan bertema “Moderat dan Nasionalis” ini kontingen Sulsel meraih juara 1 Dhamma Gita putra tingkat SD, juara 3 Dhammapada tingkat SMP, juara harapan 1 Dhammakatha tingkat SD dan juara harapan 2 Dhammavijja tingkat SMP.

Sippa Dhamma Samajja (SDS) adalah salah satu program Ditjen Bimas Buddha Kementerian Agama RI untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, kreativitas dan pemahaman siswa-siswi buddhis terhadap ajaran Buddha.

SDS adalah ajang kompetisi dan edukatif yang bertujuan meningkatkan kreativitas, keterampilan dan pengembangan inovasi siswa-siswi Buddhis dari 34 provinsi se-Indonesia.

SDS Tingkat Nasional VIII (SDS VIII) mempertandingkan enam kategori lomba masing-masing tingkatan SD, SMP dan SMA secara daring, yaitu : Dhamma Gita (Menyanyi Lagu Rohani Buddha), Dhammavijja (Cerdas Cermat), Dhamma Vikata (Cerita Bergambar), Dhammapada (Melafal Syair), Dhammakatha (Pidato Buddhis) dan Dhammakkhayika (Bercerita Buddhis).

Dalam SDS VIII kontingen Sulsel mengikuti 17 jenis lomba dari total 21 jenis lomba yang dipertandingkan.

Pembukaan SDS VIII diadakan secara luring dan daring yang dibuka secara resmi oleh Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas secara daring pada Selasa (22 Juni 2021) siang.

Penetapan pemenang dilakukan pada acara penutupan SDS VIII pada Kamis (24 Juni 2021) malam. Usai penyerahan piala kepada pemenang yang diwakili Pembimbing Masyarakat (Pembimas) Buddha Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi masing-masing pemenang, SDS VIII ditutup secara resmi oleh Dirjen Bimas Buddha, Caliadi, S.H., M.H.

Tampil sebagai juara umum kontingen Provinsi Sumatera Selatan yang berhak meraih Piala Bergilir Menteri Agama RI, yang diserahkan langsung oleh Dirjen Bimas Buddha.

Sehubungan prestasi yang diraih kontingen Sulsel dalam SDS VIII, Pembimas Buddha Sulsel, Pandhit Amanvijaya, S.Ag., M.M., M.Pd.B. mengatakan keberhasilan Sulsel dalam meraih kemenangan ini merupakan hasil kerjasama yang sangat baik dari semua pihak dan memberikan apresiasi kepada guru, orang tua siswa, para official dan para peserta lomba SDS yang luar biasa dan tanpa mengenal lelah dalam latihan.

Keberhasilan yang diraih diharapkan menjadi pemacu semangat untuk bertanding di tahun-tahun berikutnya dan yang terpenting bertanding dengan penuh sportifitas. Tujuan dari lomba SDS bukan semata-mata untuk meraih kemenangan tetapi banyak hal yang dapat dipetik, seperti : dapat mengenal dan bersosialisasi dengan teman-teman dari berbagai provinsi sehingga memiliki wawasan dan pengalaman yang sangat banyak akan keragaman budaya, seni, dan pemahaman terhadap Buddha Dhamma.

“Dengan mengikuti SDS diharapkan peserta didik memiliki pengetahuan yang baik terhadap Buddha Dhamma sehingga dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Karena SDS sesungguhnya bertujuan untuk pendidikan karakter siswa sejak dini, “kata Pembimas Buddha Sulsel.

SDS yang sebelumnya diadakan 3 tahun sekali, maka sesuai hasil sarasehan Dirjen Bimas Buddha dan Pembimas Buddha se-Indonesia akan dilaksanakan menjadi 2 tahun sekali dan SDS Tingkat Nasional IX akan berlangsung di Provinsi Jawa Timur pada tahun 2023 mendatang.*(mi_dhata)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved