Breaking News:

Covid 19

Positif Covid-19 tapi Tak Dapat Ditampung RS, Apa yang Dilakukan? Berikut Saran Ahli Patologi

Positif Covid-19 tapi Tak Dapat Ditampung RS, Apa yang Dilakukan? Berikut Saran Ahli Patologi

Editor: Ilham Arsyam
Capture video @merekamjakarta
Potret pasien Covid-19 membludak antre masuk Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet Kemayoran beberapa waktu lalu. Kini banyak pasien Covid Tak Mendapatkan Kamar Inap di Sejumlah RS 

TRIBUN-TIMUR.COM - Sejumlah rumah sakit di Indonesia mulai penuh akibat lonjakan kasus Covid-19 akhir-akhir ini.

Jumlah ruang rawat inap di rumah sakit sudah tak bisa menampung membludaknya pasien.

Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) menyebut, tingkat keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) di 87 kabupaten/kota sudah melampaui angka 70 persen.

Bahkan, BOR hingga 100 persen juga sudah terjadi di sejumlah rumah sakit.

Sehingga, mau tidak mau, beberapa orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 mesti melakukan isolasi mandiri jika tidak kebagian tempat tidur.

Sebab itu, seorang ahli patologi klinis dari Universitas Sebelas Maret (UNS) Tonang Dwi Ardyanto mengingatkan setiap orang yang menjalani isolasi mandiri untuk selalu berhati-hati.

Melansir Kompas.com, Kamis (24/6/2021), Tonang mengungkapkan bahwa realita sekarang yakni sulitnya mendapatkan isolasi mandiri yang berkualitas.

Tonang menjelaskan, umumnya orang yang terpaksa harus melakukan isolasi mandiri adalah mereka yang terinfeksi virus corona tapi tidak menunjukan gejala.

Jika demikian, Tonang menyebut isolasi mandiri mesti dilakukan secara terpisah dari lingkungan sekitar orang tersebut. Tak hanya kamar tidur, kamar mandi pun semestinya dipisah dari anggota keluarga lain.

Namun, jika tidak memungkinkan untuk memisah kamar mandi, maka penyemprotan disinfektan harus dilakukan setelah digunakan oleh anggota keluarga yang terpapar Covid-19.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved