Breaking News:

Tribun Makassar

Andi Sudirman Sulaiman Minta Izin Retail Modern Diperketat

Plt Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman Minta Izin Retail Modern Diperketat

Penulis: Siti Aminah | Editor: Hasriyani Latif
TRIBUN-TIMUR.COM/AMINAH
Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman menerima rombongan Kantor Wilayah (Kanwil) VI Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Makassar di Rujab Wagub Sulsel, Selasa (22/6/2021). 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman meminta pelaku usaha retail modern untuk bersaing sehat.

Menurutnya retail modern harusnya menyasar area basis persaingan usaha wilayah perkotaan atau melihat kepadatan penduduk.

Hal itu disampaikan saat menerima rombongan Kantor Wilayah (Kanwil) VI Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Makassar di Rujab Wagub Sulsel, Selasa (22/6/2021).

Andi Sudirman mengkhawatirkan adanya persaingan tidak sehat antara retail modern dan tradisional, dalam hal ini Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

"Harusnya untuk retail modern dapat melihat wilayah basis dan kearifan lokal. Kita tidak ingin ada persaingan usaha yang berdampak pada UMKM masyarakat atau pedagang kecil karena zona persaingan tidak diatur," kata Andi Sudirman melalui rilis yang diterima tribun-timur.com.

Kata dia, retail modern perlu dibatasi di daerah. Dibolehkan hanya pada wilayah tertentu saja.

"Perlu ditegaskan juga agar retail modern yang diberi izin disetiap wilayah dibatasi dalam bilangan, hanya pada zona wilayah dibolehkan serta dilakukan pengawasan pada implementasi penjualan produk UMKM sesuai ketentuan," tegasnya.

Kepala Kanwil VI KPPU, Hilman Pujana menyampaikan pihaknya mendukung usulan Plt gubernur Sulsel agar pemberian izin untuk retail modern harus melihat lokasi zonasi terlebih dahulu.

Juga dibatasi pada bilangan tertentu dan berbasis kearifan lokal.

"Sehingga dapat mempertahankan eksistensi UMKM dan pedagang kecil," paparnya.

Dikatakan, retail modern dan retail tradisional tidak bisa dibenturkan.

Keduanya memang harus diberi zona berbeda.

Apalagi izin usaha telah menjadi kewenangan daerah, ini memungkinkan adanya persaingan usaha antara retail modern dan tradisional.

Ia berharap KPPU bisa bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, salah satunya terkait pengawasan retail. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved