Breaking News:

Tribun Luwu Timur

Kerjasama PT Vale, KNPI Nuha Tanam Mangrove di Tembeua Danau Matano Luwu Timur

Dewan Pengurus Kecamatan (DPK) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Nuha, melakukan penanaman mangrove danau di Tembeua, Sabtu (19/6/2021) pagi.

Penulis: Ivan Ismar | Editor: Sudirman
ist
Dewan Pengurus Kecamatan (DPK) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Nuha melakukan penanaman mangrove danau di Tembeua, Sabtu (19/6/2021) pagi. 

TRIBUNLUTIM.COM, MALILI - Dewan Pengurus Kecamatan (DPK) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Nuha, melakukan penanaman mangrove danau di Tembeua, Sabtu (19/6/2021) pagi.

Tembeua berlokasi di pesisir Danau Matano, Sorowako, Kecamatan Nuha, Luwu Timur, Sulawesi Selatan (Sulsel).

"Alhamdulillah hari ini kami telah melakukan pelestarian lingkungan lewat penanaman tumbuhan endemik Danau Matano,"Kata Ketua DPK KNPI Nuha, Irzyad Abdullah via WhatsApp, Sabtu sore

Kegiatan bertema Tembeua untuk lingkungan, kehidupan dan masa depan juga diikuti pihak PT Vale Indonesia yaitu Senior Coordinator Stakeholder Relations, Miftahuddin Hadilang.

Senior Coordinator Social Development Program, Baso Haris, Manager of Government Relations, Aswaddin dan Junior Reclamation Engineer, Erlin Harri.

Ikut juga perwakilan dari Pemerintah Desa Nuha bersama teman teman pemuda Karang Taruna Tapuno Nuha.

"Dalam kegiatan ini, kami KNPI juga melibatkan pemuda dari Karang Taruna Tapuno Nuha sebagai penghimpun pemuda di Desa Nuha,

"Termasuk bersama dengan aparat Desa Nuha dan PT Vale Indonesia sebagai supporting dalam kegiatan ini," ujar Irzyad.

Menurutnya, pemuda di Kecamatan Nuha sudah mulai paham tentang bagaimana pentingnya menjaga kearifan lokal dan asrinya keberlangsungan lingkungan.

"Danau sebagai objek wisata yang hampir tiap harinya dikunjungi oleh wisatawan harus tetap terjaga endemiknya," ujar Irzyad Abdullah.

Sebagai informasi, Danau Matano adalah destinasi wisata andalan di Luwu Timur.

Danau purba ini terdalam di Asia Tenggara dengan kedalaman 570 meter sampai 600 meter. 

Danau ini juga dihuni ikan endemik Danau Matano seperti Buttini dan Opudi.

Selain Danau Matano, wisatawan juga bisa mengunjungi destinasi wisata menarik di Soroako seperti Gua Air Matano, Gua Tengkorak, Mata Air Danau Matano (Bura-bura).

Benteng Matano dan Four Mini Island (empat pulau kecil). Ada juga destinasi lainnya yakni Sungai Lawa (Kali Dingin).

Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved