Breaking News:

Tribun Maros

Andi Sudirman Sulaiman Dorong Rammang-rammang Jadi Destinasi Wisata Internasional

Andi Sudirman Sulaiman Dorong Rammang-rammang Jadi Destinasi Wisata Internasional

Penulis: Siti Aminah | Editor: Hasriyani Latif
TRIBUN-TIMUR.COM/AMINAH
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dan YouTuber Atta Halilintar mengunjungi kawasan wisata Rammang-rammang di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Kamis (17/6/2021). 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAROS - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan akan melakukan pengembangan destinasi wisata di Rammang-rammang, Kabupaten Maros.

Pasca melakukan peninjauan di wisata karst bersama Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno dan YouTuber Atta Halilintar, Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman mengatakan wilayah tersebut masih butuh banyak sentuhan.

Misalnya penambahan homestay, kafe, dan fasilitas pendukung lainnya yang bisa meningkatkan minat wisatawan untuk datang.

Disaat itu juga, Andi Sudirman menginstruksikan Dinas Pariwisata untuk membuat grand desainnya. 

"Saya bilang coba dibuat dulu kajian ini modelnya seperti apa dan tentu menunggu arahan dari pak menteri," ucap Andi Sudirman Sulaiman di Rammang-rammang Maros, Kamis (17/6/2021) siang.

Yang paling penting, kata dia, membangun wisata tidak asal-asalan, butuh strategi agar destinasi tersebut bisa dimanfaatkan dengan baik.

"Kira harus punya strategi karena membangun biasa dengan membangun cantik di mata tapi tidak menarik bagi wisatawan. Ini yang perlu kita lihat," sebutnya.

"Sudah banyak tempat wisata yang dibangun tapi tidak ada orang yang datang. Itu kita tidak mau. Kita mau lebih terukur dan sudah dihitung dengan studi," sambungnya.

Sudirman menginginkan semua desa di Sulsel bisa terkelola dengan baik, bisa menjadi desa mandiri. 

Ia berharap, kawasan karst rammang-rammang bisa menjadi wisata andalan, bukan hanya Sulsel, Indonesia tapi juga didatangi wisatawan internasional.

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno melihat antusiasme kebangkitan pariwisata dan ekonomi di Sulsel.

Kehadirannya di wisata karst ini guna membangkitkan harapan pariwisata dan ekonomi kreatif yang sempat menurun karena pandemi.

"Desa wisata ini menjadi andalan kita, menjadi unggulan kita dan kampung karst rammang-rammang di desa salenrang di kabupaten Maros akan segera didaftarkan menjadi UNESCO global Geopark, mohon dukungan semua," tuturnya.

Ia meminta pemerintah setempat untuk mendaftarkan lebih dari 50 desa wisata di Sulawesi Selatan sebagai representasi provinsi yang menjadi gerbang Indonesia Timur.

"Mudah-mudahan dengan kehadiran kita di sini, ini adalah program yang tepat sasaran tepat manfaat untuk segera membangkitkan dan memulihkan InsyaAllah pariwisata dan ekonomi kita," tutupnya.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved