Breaking News:

Hajar Aswad

Ilmuan Inggris Ungkap Asal Hajar Aswad, Bukan dari Tata Surya

Umat Islam mengenal nama sebuah batu yang sangat istimewa. Batu tersebut kini berada di salah satu sisi Kakbah, kiblat Umat Islam di seluruh dunia

Editor: Muh. Irham
int
Hajar Aswad di Kakbah 

TRIBUNTIMUR.COM - Umat Islam mengenal nama sebuah batu yang sangat istimewa. Batu tersebut kini berada di salah satu sisi Kakbah, kiblat Umat Islam di seluruh dunia.

Batu yang bernama Hajar Aswad tersebut, juga dikenal dengan sebutan black stone.

Ia dikenal dengan baik, oleh sebagian besar umat Islam, khususnya para jamaah haji, karena Hajar Aswad memiliki nilai sejarah yang cukup penting dalam perkembangan ajaran agama Islam.

Mengutip dari Islamic Landmarks batu Hajar Aswad dibawa dari Jannah atau surga dan dipersembahkan khusus untuk Nabi Ibrahim dengan diletakkan di sudut Kakbah.

Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Tirmidzi, pada mulanya batu Hajar Aswad berwarna putih, namun seiring bertambahnya waktu, ia berubah warna menjadi hitam.

Hal tersebut terjadi karena dosa-dosa manusia yang menyentuh batu tersebut.

The Muslim Vibe juga mengatakan bahwa batu Hajar Aswad juga disebut sebagai jantung Kakbah, karena saat umat Islam melaksanakan ibadah haji, mereka pasti mengitari Kabah.

Batu yang terdapat di sudut sisi tenggara Kakbah ini, biasanya akan disentuh dan dicium atau hanya sekedar melambaikan tangan tanda hormat.

Pernah Dicuri

Tak hanya d Mekah, Hajar Aswad juga ternyata juga ada di salah satu museum di Inggris. Ada tiga buah pecahan batu Hajar Aswad di Inggris.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved