Breaking News:

Tribun Sulsel

7 Daerah Tak Raih WTP Termasuk Pemprov, Ini Langkah Kepala BPK Sulsel yang Baru

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Sulawesi Selatan melakukan Serah Terima Jabatan Kepala Perwakilan

TRIBUN-TIMUR.COM/MUHAMMAD FADHLY ALI
Kepala BPK Perwakilan Sulsel yang baru Paula Henry Simatupang 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Sulawesi Selatan melakukan Serah Terima Jabatan Kepala Perwakilan dari Wahyu Priyono kepada Paula Henry Simatupang.

Kepala Perwakilan lama, Wahyu Priyono menjadi Kepala Perwakilan BPK Provinsi Bali.

Acara sertijab diselenggarakan di Auditorium BPK Perwakilan Provinsi Sulawesi Selatan, dan dihadiri oleh Anggota VI BPK RI Prof Harry Azhar Azis, Auditor Utama Keuangan Negara VI Dori Santosa, Plt Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman.

Ada juga Forkopimda Provinsi Sulawesi Selatan serta Kepala Daerah dan Pimpinan DPRD di wilayah Sulawesi Selatan, dan juga para Kepala Perwakilan BPK wilayah Sulawesi dan Papua.

Paula Simatupang mengatakan, fokusnya di awal jabatan bagaimana pembenahan pengelolaan keuangan negara itu, bermanfaat untuk kemakmuran rakyat.

"Banyak hal yang harus dilakukan antara lain, opini itu minimal sebagai repairment (perbaikan) itu harus dipenuhi dulu, sehingga keuangan itu bermanfaat," katanya.

"Kami akan melakukan maping dulu, atas kondisi dari 25 daerah. Diantaranya itu ada 18 yang sudah WTP, 7 yang masih belum WTP, saya kira permasalahan mendasar apa yang terjadi," tambahnya.

Sehingga, kata dia, BPK dapat merekomendasikan dari laporan hasil pemeriksaan kepada Pemprov maupun Pemerintah Kabupaten/Kota.

"Nah langkah strategis apa yang kita lakukan demi peningkatan kualitas laporan daerah. Itu yang pertama ini yang akan kita lakukan," jelasnya.

Ia pun menunggu bagaimana kebijakan Pemprov Sulsel.

"Apa action yang dilakukan, bila beliau ada kesulitan menindaklanjuti rekomendasi kami, boleh koordinasi ke kami," ujarnya.

"Karena yang membuat rekomensasi adalah BPK, BPK yang lebih mengetahui, bagaimana rekomendasi itu dilakukan, dengan cara apa, dan dengan waktu yang sudah kita tentukan," tambahnya.

Sementara itu, Anggota VI BPK RI Prof Harry Azhar berterima kasih kepada Wahyu Priyono atas usaha serta kerja kerasnya selama memegang amanat selaku Kepala Perwakilan Sulsel, dan diharapkan dapat dilanjutkan oleh Paula Henry Simatupang.

"Diharapkan agar cepat menyesuaikan diri dengan lingkungan BPK Perwakilan Sulawesi Selatan dan dapat mempelajari hal-hal yang sudah dilakukan dengan baik oleh pejabat sebelumnya, serta dapat melakukan perbaikan yang belum sempat dilakukan untuk BPK Perwakilan Sulsel," katanya. (*)

Ia juga berharap dukungan dari para Kepala Daerah dan para Pimpinan DPRD di wilayah Sulsel serta dari Pimpinan instansi terkait lainnya, melalui koordinasi dan komunikasi yang baik agar kehadiran BPK di tengah masyarakat dapat dirasakan secara optimal dan dapat mendorong terwujudnya transparansi serta akuntabilitas Keuangan Negara serta terwujudnya tujuan bernegara.(aly)

Penulis: Muhammad Fadhly Ali
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved