Breaking News:

Khazanah Islam

7 Contoh Gangguan Setan Saat Kita Shalat, Mulai Kentut Sampai Lupa Rakaat, Bagaimana Mengatasinya?

Setan adalah makhluk Allah yang tidak akan pernah bosan menggangu Bani Adam sampai kapanpun.

Tribun Timur
Ilustrasi shalat. 

TRIBUN-TIMUR.COM - Berikut 7 contoh gangguan setan saat kita shalat.

Khusyu saat shalat adalah hal yang tidak semua orang bisa melakukannya.

Beragam gangguan sering dirasakan.

Hal ini akan dibahas dalam Tribun Khazanah Islam .

Dilansir buku Khusyu Dalam Shalat dari Syafri M. Noor, Lc  penyebab sulitnya khusyu adalah godaan setan.

Setan adalah makhluk Allah yang tidak akan pernah bosan menggangu Bani Adam sampai kapanpun.

Namun disisi lain, Allah telah memerintahkan kepada kita semua untuk menjauhkan diri dari setan, sebagaimana firman Allah:

{يَا بَنِي آدَمَ لَا يَفْتِنَنَّكُمُ الشَّيْطَانُ كَمَا أَخْرَجَ أَبَوَيْكُمْ مِنَ الْجَنَّةِ يَنْزِعُ عَنْهُمَا لِبَاسَهُمَا لِيُرِيَهُمَا سَوْآتِهِمَا إِنَّهُ يَرَاكُمْ هُوَ وَقَبِيلُهُ مِنْ حَيْثُ لَا تَرَوْنَهُمْ إِنَّا جَعَلْنَا الشَّيَاطِينَ أَوْلِيَاءَ لِلَّذِينَ لَا يُؤْمِنُونَ} [الأعراف: 27]

Hai anak Adam, janganlah sekali-kali kamu dapat ditipu oleh syaitan sebagaimana ia telah mengeluarkan kedua ibu bapakmu dari surga, ia menanggalkan dari keduanya pakaiannya untuk memperlihatkan kepada keduanya auratnya. Sesungguhnya ia dan pengikut-pengikutnya melihat kamu dan suatu tempat yang kamu tidak bisa melihat mereka. Sesungguhnya Kami telah menjadikan syaitan-syaitan itu pemimpin-pemimpim bagi orang-orang yang tidak beriman.” (QS. Al-A’raf : 27)

Dalam surat lain, Allah juga tegas melarang kita untuk mengikuti langkah-langkah setan:

{يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تَتَّبِعُوا خُطُوَاتِ الشَّيْطَانِ وَمَنْ يَتَّبِعْ خُطُوَاتِ الشَّيْطَانِ فَإِنَّهُ يَأْمُرُ بِالْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ وَلَوْلَا فَضْلُ اللَّهِ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَتُهُ مَا زَكَى مِنْكُمْ مِنْ أَحَدٍ أَبَدًا وَلَكِنَّ اللَّهَ يُزَكِّي مَنْ يَشَاءُ وَاللَّهُ سَمِيعٌ عَلِيمٌ} [النور: 21].

"Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan. Barangsiapa yang mengikuti langkah-langkah syaitan, maka sesungguhnya syaitan itu menyuruh mengerjakan perbuatan yang keji dan yang mungkar. Sekiranya tidaklah karena kurnia Allah dan rahmat-Nya kepada kamu sekalian, niscaya tidak seorangpun dari kamu bersih (dari perbuatan-perbuatan keji dan mungkar itu) selama-lamanya, tetapi Allah membersihkan siapa yang dikehendaki-Nya. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui". (QS. An-Nur : 21)

Diantara tipu daya setan untuk mengganggu kekhusyu’an seseorang yang sedang melaksanakan shalat yakni:

Editor: Sakinah Sudin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved