Breaking News:

Tribun Luwu Utara

1.005 Unit Huntap untuk Korban Banjir Bandang Luwu Utara Dibangun di 14 Desa

Pembangunan Hunian Tetap (Huntap) bagi korban banjir bandang Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan, diupayakan rampung tahun ini.

Dok Humas Pemkab Lutra
Penampakan huntap untuk korban banjir bandang Luwu Utara. Huntak di Kelurahan Bone Tua, Kecamatan Masamba, merupakan bantuan Pemprov Sulsel tahun 2020. 

TRIBUNLUTRA.COM, MASAMBA - Pembangunan Hunian Tetap (Huntap) bagi korban banjir bandang Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan, diupayakan rampung tahun ini.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Luwu Utara, Muslim Muchtar mengatakan, total sebanyak 1.005 huntap akan dibangun di 14 desa.

"50 unit sudah terbangun tahun lalu, tahun ini rencananya kita bangun 955 unit," kata Muslim, Rabu (9/6/2021).

Muslim menuturkan, berdasarkan data awal, 1.019 rumah rusak berat akibat banjir bandang.

Setelah dilakukan verifikasi ulang oleh Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) jumlah tersebut menyusut menjadi 1.005 unit.

"Terjadi penyusutan karena ada yang dobel dan ada pula yang tidak memiliki lokasi atau tidak diketahui di mana tempatnya," terang Muslim.

Ia menjelasakan, 1.005 huntap berasal dari BNPB 897 unit, Kementerian PUPR 72 unit, dan 50 unit bantuan Pemprov Sulsel yang dibangun tahun lalu.

"Target kita pengerjaan pembangunan huntap selesai akhir tahun," papar dia.

Sementara itu, Sekda Luwu Utara, Armiadi, meminta semua lokasi yang sudah melalui tahapan verifikasi harus aman dari potensi bencana.  

"Terkait jumlah huntap harus dicocokkan dengan luas lahan kita. Lokasi tanah juga harus jelas, apakah sudah jauh dari bencana. Ini harus diperjelas juga, karena kita mau melakukan yang terbaik untuk masyarakat kita," katanya.

Halaman
123
Penulis: Chalik Mawardi
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved