Breaking News:

Tribun Sulsel

Andi Sudirman Sulaiman Canangkan Program Hibah Jalan Daerah di 4 Ruas Jalan Toraja Utara Rp 52 M

Andi Sudirman Sulaiman Canangkan Program Hibah Jalan Daerah di 4 Ruas Jalan Toraja Utara Rp 52 M

Penulis: Muhammad Fadhly Ali
Editor: Hasriyani Latif
Humas Pemprov Sulsel
Pelaksana Tugas Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Pelaksana Tugas Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman dijadwalkan akan melakukan kunjungan kerjanya di Kabupaten Toraja Utara, Minggu (23/5/2021).

Kehadiran Andi Sudirman Sulaiman dalam rangka melakukan pencanangan Program Hibah Jalan Daerah (PHJD) pada beberapa ruas jalan Provinsi di Torut.

Sebanyak empat ruas jalan yang akan dicanangkan untuk dilakukan penanganan pada tahun anggaran 2021 ini.

Totalnya sepanjang 50 km dengan anggaran sekitar Rp 52 miliar.

Adapun empat ruas jalan diantaranya ruas  Batupapan-Bandara Pongtiku-Alang Alang-Rante Pao; Ruas Rante Pao-Panggala-Baruppu-Batas Sulbar; Ruas Rante Pao-Sa'dan-Batas Kabupaten Luwu; serta Ruas Batas Luwu-Tedong Bonga.

Untuk diketahui, Program Hibah Jalan Daerah (PHJD) adalah pemberian hibah dari Pemerintah kepada Pemerintah Provinsi/Kabupaten yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Program Hibah Jalan Daerah (PHJD) mengacu pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 yang telah mengamanatkan skema pendanaan cost sharing (pembagian pembiayaan) dan hibah untuk jalan daerah yang bersumber dari APBN.

Secara khusus, bertujuan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dan pengembangan wilayah termasuk di Kawasan Strategis Nasional (KSN).

Skema pelaksanaan pembiayaan awal program ini dibebankan pada APBD Provinsi, yang nantinya akan digantikan (Reimbursement) oleh pemerintah pusat berdasarkan penilaian terhadap kualitas hasil pelaksanaan kegiatan. 

"Alhamdulillah, ini tahun kedua pelaksanaan Program Hibah Jalan Daerah (PHJD) di Kabupaten Toraja Utara," kata Andi Sudirman, Sabtu (22/5/2021).

Menurutnya, ini sebagai bentuk perhatian Pemerintah Pusat dalam hal ini Presiden Joko Widodo untuk Provinsi Sulawesi Selatan.

"Kami berharap penanganan ruas jalan melalui program hibah jalan daerah ini bisa meningkatkan konektivitas transportasi darat," katanya.

"Dan tentunya meningkatkan kualitas layanan transportasi melalui peningkatan kemantapan jalan yang akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi masyarakat khususnya aktivitas ekonomi sektor riil masyarakat dan penyerapan tenaga kerja," jelasnya.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved