Breaking News:

UIM Makassar

Rektor UIM Majdah: Puasa Mengaktifkan Autophagy dalam Tubuh 

Rektor Universitas Islam Makassar (UIM), DR Ir Hj Majdah M Zain, mengisi tarawih terakhir di Masjid Ash Shahabah Universitas Islam Makassar

Humas UIM Makassar
Rektor UIM DR Ir Hj Majdah M Zain usai mengisi tarawih terakhir di Masjid Ash Shahabah Universitas Islam Makassar, Selasa (11/5/2021). 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Rektor Universitas Islam Makassar (UIM), DR Ir Hj Majdah M Zain, mengisi tarawih terakhir di Masjid Ash Shahabah Universitas Islam Makassar, Selasa (11/5/2021).

Ketua Muslimat NU Sulsel ini mengangkat hakikat sabar dan syukur serta rahasia puasa selama sebulan terhadap kesehatan tubuh.

Dikatakannya bahwa selain melawan lapar dan dahaga juga merasakan hidup orang yang kurang mampu.

"Tapi bukannya kalau itu saja puasa mengapa harus sebulan bukannya dua atau tiga hari saja cukup , ternyata manfaat sebulan puasa telah lama dikenal memiliki dampak baik bagi kesehatan," katanya via rilis yang diterima tribun-timur.com.

Salah satu efeknya, lanjutnya, pada regenerasi sel yang terjadi secara alami yang disebut dengan autophagy sekaligus melatih sabar.

Dijelaskannya bahwa autophagy sejak lama dikenal sebagai proses alami, dimana sel akan membersihkan jaringan rusak dalam tubuh. 

Tidak hanya saat Ramadan seperti saat ini, jelas Majdah, penelitian ternyata menunjukkan manfaat puasa dapat memicu proses alami tersebut yang akan memberi dampak baik bagi kesehatan tubuh. 

"Autophagy terjadi secara alami di dalam tubuh. Proses vital dimana sel-sel tubuh akan membersihkan sel atau komponen yang rusak atau tidak perlu," jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan bahwa seorang ilmuwan Jepang, Yoshinori Ohsumi memenangkan penghargaan Nobel atas penelitian tentang autophagy, pada tahun 2016 lalu dan membuat proses ini semakin dikenal luas. 

Apa itu autophagy? 

Halaman
12
Penulis: Rudi Salam
Editor: Alfian
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved