Gempa Sulbar

Kejati Sulbar Selamatkan Donasi Bantuan Korban Gempa Rp 499 Juta dari BPBD, Ada Honor Dasad Latief

Kejati Sulbar berhasil menyelamatkan donasi masyarakat untuk korban gempa bumi sebesar Rp 499,5 Juta.

Penulis: Nurhadi | Editor: Sudirman
ist
Asintel Kejati Sulbar Irvan Samosir menyerahkan dana hasil pengembalian BPBD yang bersumber dari donasi masyarakat untuk korban gempa bumi kepada Kepala BPKPD Sulbar Amujib 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAMUJU - Kejati Sulbar berhasil menyelamatkan donasi masyarakat untuk korban gempa bumi sebesar Rp 499,5 Juta.

Dana tersebut sebelumnya masuk di rekening Bank Mandiri Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulbar.

Dana tersebut seharusnya disalurkan untuk kebutuhan korban gempa bumi Sulbar.

Namun bukannya digunakan untuk kepentingan korban gempa, justru anggaran tersebut tidak dapat dipertanggujawabkan oleh BPBD Sulbar.

Asintel Kejati Sulbar, Irvan Samosir mengungkapkan, dana tersebut berpotensi untuk disalahgunakan jika pihaknya tidak melakukan upaya pencegahan.

"Setelah kami melakukan operasi intelejen atas laporan masyarakat yang masuk terkait ada dana korban gempa bumi yang bersumber dari donasi masyarakat tidak dapat dipertanggungjawabkan oleh BPBD,"kata Irvan Samosir di tenda darurat kantor Kejati Sulbar, Jumat (7/5/2021).

Kata dia, pihaknya memanggil kepala BPBD Sulbar Darno Majid. Hasilnya dilakukan pengembalian sebesar Rp 499.5 juta.

"Jadi sudah dikembalikan semua, awalnya Rp 300 juta, kemudian Rp 190 juta dan terakhir Rp 42,5 juta,"ucapnya.

Hasil temuan pengembalian terakhir Rp 42.5 Juta tersebut adalah item pembelian uptur pesawat dan pembayaran honor Das'ad Latief Rp 35 juta.

"Jadi BPBD sudah membayar full kekurangan itu Rp 42,5 juta, sehingga proses ini sudah selesai dan tidak ada lagi kerugian,"ucapnya.

Dana tersebut, seharusnya tidak boleh digunakan pihak BPBD untuk biaya operasional.

Tapi malah digunakan untuk hal-hal yang tidak dapat dipertanggungjawabkan.

Dana pengembalian BPBD diserahkan Kejati Sulbar ke Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Sulbar, Amujib untuk dimasukan ke Kasda.

Amujib menyampaikan terima kasih kepada Kejati Sulbar atas upaya pencegahan yang terjadi di BPBD.

Selain itu, upaya akuntabilitas kepada masyarakat atas dana-dana yang bisa diselamatkan terkait dengan donasi masyarakat.

"Mohan kami dipantau terus,"ucapnya.

Dikatakan, donasi masyarakat untuk korban gempa bumi yang saat ini masih ada di rekening bencana akan dipindah bukukan ke Kasda.

"Dari Kasda nantinya akan dianggarkan untuk kepentingan bencana, tidak untuk kepentingan lain, full untuk kepentingan bencana,"ujar Amujib.

Pihaknya akan koordinasi dengan BPKP dan Inspektorat terkait hasil audit donasi yang ada di rekening Bank Mandiri BPBD Sulbar.(tribun-timur.com).

Sumber: Tribun Timur
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved