Breaking News:

Citizen Reporter

Kajian Subuh Masjid Agung Jeneponto: Mau Pahala Haji dan Umrah, Rajin Salat Isyraq

Kajian Subuh MAsjid Agung Kabupaten Jeneponto edisi 15 Ramadhan mengambil tema Shalat Isyraq.

Citizen Reporter/Ibrah
Kajian Subuh MAsjid Agung Kabupaten Jeneponto edisi 15 Ramadhan mengambil tema Shalat Isyraq. Sebagai narasumber Dr. KH.Muh.Jumatang Rate, M.Ag. dan Ustadz H. Arifin Musdin, SE. MA., dipandu ketua BKPRMI Suardi Kahar, di MAsjid Agung Jeneponto, Selasa (27/4/2021). 

Citizen Reporter, IBRAH melaporkan dari Mesjid Agung Jeneponto

JENEPONTO  - Kajian Subuh MAsjid Agung Kabupaten Jeneponto edisi 15 Ramadhan mengambil tema Shalat Isyraq.

Seperti biasanya hadir sebagai narasumber Dr. KH.Muh.Jumatang Rate, M.Ag. dan Ustadz H. Arifin Musdin, SE. MA., dipandu ketua BKPRMI Suardi Kahar, di MAsjid Agung Jeneponto, Selasa (27/4/2021).

Ustadz H. Arifin Musdin, dalam mukaddimahnya menjelaskan bahwa Salat Isyraq  dilaksanakan dengan dua rakaat dan tanpa keraguan bahwa dengan shalat ini pahala yang akan diperoleh setara dengan pahala Haji dan Umrah.

Dia juga menambahkan bahwa dalam kehidupan keseharian kita, untuk meningkatkan kedekatan kita kepada Allah SWT perlu melakukan shalat shalat sunnah sesuai ketentuan dalam ajaran Agama Islam

Sementara itu pada tempat yang sama Dr. KH. Jumatang Rate, M.Ag., mengatakan bahwa bulan Ramadhan merupakan rekreasi perjalanan kerohanian.

Menurutnya salah satu perjalalanan rohani adalah dengan rajin melaksanakan Shalat Sunnah Isyraq yang dilaksanakan setelah Shalat Subuh, duduk berzikir dan dilaksanakan sebelum terbit matahari dengan batas sebelum shalat dhuha.

Keutamaan dari sholat ini adalah mendapatkan pahala haji dan umrah dengan sempurna. seperti yang dijelaskan oleh Rasulullah S.A.W dalam hadist Al-Tirmidzi:

مَنْ صَلَّى الْغَدَاةَ فِي جَمَاعَةٍ ثُمَّ قَعَدَ يَذْكُرُ اللَّهَ حَتَّى تَطْلُعَ الشَّمْسُ ثُمَّ صَلَّى رَكْعَتَيْنِ كَانَتْ لَهُ كَأَجْرِ حَجَّةٍ وَعُمْرَةٍ تَامَّةٍ تَامَّةٍ تَامَّةٍ

"Siapa yang shalat Shubuh dengan berjamaah, lalu duduk berdzikir kepada Allah sehingga matahari terbit, kemudian shalat dua rakaat,maka dia akan mendapatkan (pahala) seperti pahala haji dan umrah, sempurna sempurna sempurna." [1] (HR. Al-Tirmidzi, dihassankan oleh Al-Albani dalam al-Misykah, no. 971).

Ketua MUI Kabupaten Jeneponto ini dalam tausyiahnya juga menjelaskan shalat shalat sunnah lainnya seperti shalat sunnat Fajar dan Dhuha, yang juga tidak kalah pentingnya.

Dia berharap shalat sunnah ini akan menambah pahala kita khususnya dibulan Ramadhan, ungkap KH. Muh. Jumatang Rate.  (*)

Penulis: CitizenReporter
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved