Breaking News:

UIN Alauddin

Dema UIN Alauddin Gelar Seminar Nasional, Bahas Pencegahan Intoleransi dan Radikalisme

Dema U UIN Alauddin Makassar, menggelar Seminar Nasional bertajuk Peran Mahasiswa Sebagai Garda Terdepan Pencegahan Intoleransi dan Radikalisme

TRIBUN-TIMUR.COM/DIAN AMELIA
Dewan Eksekutif Mahasiswa Universitas (Dema U) UIN Alauddin Makassar, menggelar Seminar Nasional bertajuk Peran Mahasiswa Sebagai Garda Terdepan Pencegahan Intoleransi dan Radikalisme Lintas Kampus untuk Mencegah Konflik Horizontal. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Dewan Eksekutif Mahasiswa Universitas (Dema U) UIN Alauddin Makassar, menggelar Seminar Nasional bertajuk Peran Mahasiswa Sebagai Garda Terdepan Pencegahan Intoleransi dan Radikalisme Lintas Kampus untuk Mencegah Konflik Horizontal.

Adapun kegiatan tersebut dilakukan di Ballroom Alauddin Convention, Makassar dan dihadiri oleh Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Selatan H Ni'matullah Erbe yang diwakili oleh Andi Januar Jaury Dharwis SE. 

Serta Dosen UIN Alauddin Prof Aisya Kara, Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda dan Pelaksana Tugas (PLT) Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman yang terhubung secara Daring melalui aplikasi Zoom.

Ketua Dema U UIN Alauddin Makassar Isra Abdi Syamsu dalam sambutannya mengatakan, mahasiswa perlu mendapatkan pemahaman dan pencerahan terkait gerakan intoleransi hingga paham radikalisme.

Menurutnya, hal ini penting untuk melawan perkembangan pemikiran intoleransi, kalangan akademisi perlu melakukan kolaborasi, bersinergi, dan menjalin komunikasi. 

"Intoleransi ini bisa memecah belah mahasiswa yang juga mengancam kesatuan bangsa,” kata Isra, Senin (26/4/2021).

Isra lanjut menjelaskan, di kalangan mahasiswa, masih terdapat sejumlah pemikiran intoleran yang rentan menimbulkan konflik antar mahasiswa dan memecah belah masyarakat. 

Ia mengatakan, kecenderungan paham intoleran kerap menjadi awal bagi paham lain yang berkembang dan melawan hukum contohnya aksi vandalisme hingga radikalisme.

“Kami berharap kepada teman-teman mahasiswa, melalui acara-acara seperti ini kita mendapatkan paham-paham baru sebagai kebalikannya yaitu anti-intoleransi dan anti-radikalisme,” ujarnya.

Ke depannya Dewan Eksekutif Mahasiswa UIN Alauddin Makassar akan meningkatkan literasi dan edukasi, bagaimana membendung gerakan-gerakan intoleran masuk kampus. 

Halaman
12
Penulis: Dian Amelia
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved