Breaking News:

VIDEO: Pengendara Motor Tabrak Pejalan Kaki Saat Menyeberang di Zebra Cross

Perempuan yang identitasnya diketahui bernama Tarmini itu langsung tewas seketika di tempat kejadian.

Penulis: Desi Triana Aswan | Editor: Waode Nurmin
tangkapan layar YouTube Tribun Timur
Viral, Video Motor Tabrak Pejalan Kaki Saat Menyeberang di Zebra Cross 

TRIBUNTIMURWIKI.COM- Rekaman CCTV yang memperlihatkan seorang wanita tertabrak motor di Jalan Demak, Krembangan, Surabaya, Jatim, Rabu (14/4/2021) viral di media sosial.

Dalam video yang diunggah oleh akun instagram @warung_jurnalis, terlihat seorang perempuan yang sedang menyeberang di Zebra Cross dari barat ke timur, tepatnya di depan minimarket.

Pada saat yang bersamaan sepeda motor yang melaju dari arah selatan menabrak perempuan tersebut hingga terpental. Perempuan yang identitasnya diketahui bernama Tarmini itu langsung tewas seketika di tempat kejadian.

Berkaca dari video tersebut, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

“Pengemudi wajib menjaga kecepatan ideal sesuai lingkungannya supaya tidak over speed dan mengurangi kecepatan di persimpangan atau zebra cross. Apalagi ada penyeberang jalan yang harus mendapat prioritas,” kata Sony dilansir dari Kompas.com, Rabu (14/4/2021).

Menurut Sony, sepeda motor seharusnya berada di lajur kiri. Pasalnya lajur kanan khusus untuk kendaraan roda empat sekaligus digunakan hanya untuk menyusul.

“Penyeberang jalan tidak boleh merasa aman sekalipun sudah menyeberang di zebra cross, jadi tetap waspada dengan melihat kondisi lalu lintas. Apabila kendaraan tidak melambat di semua lajur urungkan untuk menyebrang. Tunggu sampai benar-benar sepi dan aman,” kata Sony.

Sony juga mengingatkan, pejalan harus selalu berhati-hati dan waspada ketika berjalan di atas aspal (yang jadi 1 dengan kendaraan bermotor). Apalagi ketika berada di ujung tikungan, risiko gagal fokus dan kena dampak overshot dari pengendara sangat besar.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com
 
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved