Breaking News:

Tribun Luwu Timur

Jadwal Salat Lengkap Wilayah Luwu Timur Rabu 14 April 2021

Berikut jadwal salat untuk wilayah Kabupaten Luwu Timur, Rabu 14 April 2021 atau hari ini

TRIBUN-TIMUR.COM/IVAN ISMAR
Masjid Babul Khair, Desa Puncak Indah, Kecamatan Malili, Luwu Timur 

TRIBUNLUTIM.COM, MALILI - Umat muslim dianjurkan agar banyak melaksanakan ibadah dan amalan yang baik selama Bulan Ramadhan agar mendapat banyak pahala.

Bulan Ramadhan juga disebut bulan yang diberkahi seperti sabda Nabi Muhammad SAW, "Telah datang kepada kalian bulan Ramadhan, bulan yang diberkahi. Allah wajibkan puasa Ramadhan. Pintu langit dibuka, pintu neraka ditutup, setan dibelenggu. Di dalamnya (bulan Ramadan) ada lailatul qadar." (H.R. Nasai)

Kementerian Agama (Kemenag) telah menetapkan 1 Ramadhan 1442 H atau awal puasa Ramadhan 1442 H, pada Selasa, 13 April 2021.

Keputusan tersebut setelah Kemenag menggelar sidang isbat (penetapan) awal Ramadhan 1442 H pada Senin (12/4/2021) malam.

Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, sudah ada 13 orang yang menyatakan, hilal awal Ramadhan 1442 H terlihat di Indonesia.

"Tanpa ada perbedaan, kami menetapkan, 1 Ramadhan 1442 H jatuh pada Selasa, 13 April 2021," kata menag.

Kaum muslimin berpuasa dengan harapan mendapatkan pahala di bulan suci ini. Namun, apakah orang yang hanya melaksanakan puasa, tapi tak salat tarawih maupun lima waktu mendapat pahala?

Drs H Fathurrrahman Azhari. Mhi menjelaskan, perlu dipilah dulu apakah seseorang itu meninggalkan salat, karena mengingkari kewajibannya, malas atau tidak sengaja, seperti tertidur atau lupa.

Para ulama sepakat, orang yang mengingkari salat tergolong murtad dan kafir. Hadis Rasulullah SAW: Dari Jabir bin `Abdillah, Rasulullah SAW bersabda: "(Pembatas) di antara seorang muslim dan syirik dan kafir adalah meninggalkan salat."( HR Muslim nomor 257).

Akan tetapi mereka berselisih pendapat terhadap orang yang meninggalkan salat karena malas.

Halaman
12
Penulis: Ivan Ismar
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved