Breaking News:

Tribun Luwu

PSC 119 Luwu Sunatan Massal di Kecamatan Suli Barat

Usai Ketua Harian PSC 119 Luwu dr Daud Mustakim melantik pengurus PSC 119 Ranting Kecamatan Suli Barat.

TRIBUN TIMUR/CHALIK
Public Safety Center (PSC) 119 Kabupaten Luwu menggelar bakti sosial dan sunatan massal di SDN 304 Mamara, Desa Salubua, Kecamatan Suli Barat, Sabtu (10/4/2021). 

TRIBUNLUWU.COM, SULI BARAT - Public Safety Center (PSC) 119 Kabupaten Luwu menggelar bakti sosial dan sunatan massal

Kegiatan itu dilaksanakan di SDN 304 Mamara, Desa Salubua, Kecamatan Suli Barat, Sabtu (10/4/2021).

Usai Ketua Harian PSC 119 Luwu dr Daud Mustakim melantik pengurus PSC 119 Ranting Kecamatan Suli Barat.

"Nantinya, kita akan lantik pengurus ranting di setiap kecamatan," kata Daud.

"Sebagai bentuk kesiapan PSC 119 Luwu dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat terkait kegawatdaruratan, seperti kecelakaan lalu lintas, stroke, dan sakit jantung," terang Daud.

Saat ini, lanjut Daud, pengurus PSC 119 Luwu juga terus melakukan sosialisasi dengan berbagai kegiatan pelayanan kesehatan ke masyarakat.

"Keberadaan PSC 119 belum genap setahun, olehnya itu, melalui arahan dari ketua Andi Muhammad Arham Basmin, kami terus melakukan sosialisasi dan pendekatan kepada masyarakat melalui pelayanan kesehatan," katanya.

"Termasuk salah satunya adalah bakti sosial dan sunatan massal yang telah kami lakukan di Kecamatan Bastem, Bupon serta hari ini di Suli Barat dan ini akan terus kami laksanakan di seluruh kecamatan dalam wilayah Luwu," jelas Daud.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Luwu, dr Rosnawary Basir yang juga penanggung jawab PSC 119 Luwu mengatakan bahwa apa yang telah dilakukan PSC 119 merupakan penjabaran dari visi misi bupati.

"Kita melakukan pelayanan kesehatan dengan sebaik-baiknya sesuai dengan visi misi bapak bupati, yaitu untuk meningkatkan akses dan mutu pelayanan kesehatan sampai ke pelosok-pelosok desa," terang Rosnawary.

Adapun sunatan massal diikuti sebanyak 65 orang anak.

Selain disunat, mereka juga mendapatkan sarung secara gratis.

Dikutip dari laman kemkes.go.id, PSC 119 merupakan layanan cepat tanggap darurat kesehatan. 

Layanan ini dibenuk tahun 2016 bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan untuk membantu penangan kesehatan terhadap masyarakat yang tidak hanya berhubungan dengan kecelakaan tetapi juga dalam situasi kritis.

Sebagai contoh bila ada masyarakat yang menghubungi 119, maka call center akan menanyakan dimana lokasi kejadian berada dan akan mengarahkan ambulans dari Puskesmas, pos kesehatan, rumah sakit pemerintah yang paling dekat dengan lokasi kejadian.

Penulis: Chalik Mawardi
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved