Breaking News:

Vaksin Covid

Perhatikan 3 Hal Ini Sebelum Divaksin di Bulan Ramadan

Fatwa MUI menyatakan bahwa vaksinasi Covid-19 tidak membatalkan puasa dan boleh dilakukan bagi umat Islam yang sedang berpuasa.

TRIBUN-TIMUR.COM/SANOVRA
Petugas medis menyuntikkan vaksin COVID-19 kepada guru yang berlangsung di Tribun Lapangan Karebosi, Makassar, Sabtu (27/3/2021). Vaksinasi guru secara massal merupakan rangkaian dari Festival Smart Vaksinasi Makassar tersebut menargetkan sebanyak 2.000 guru per hari. TRIBUN TIMUR/SANOVRA JR 

TRIBUNTIMUR.COM - Fatwa MUI menyatakan bahwa vaksinasi Covid-19 tidak membatalkan puasa dan boleh dilakukan bagi umat Islam yang sedang berpuasa.

Pelaksanaan vaksinasi akan terus berlangsung selama bulan Ramadan dengan memperhatikan kondisi umat Islam yang sedang menjalankan puasa.

Dikutip dari laman Covid19.go.id, Jubir Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan, dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid mengatakan, vaksinasi di bulan Ramadhan ini nantinya akan dilakukan dengan memperhatikan kondisi umat Islam yang sedang menjalankan puasa.

"Untuk vaksinasinya sendiri kita tetap lakukan di pagi hari sampai sore, mungkin dapat juga dilakukan malam hari atau bisa juga dilakukan di masjid pada malam hari, asal tidak mengganggu ibadah di bulan Ramadhan," kata dia.

Hal yang perlu diperhatikan saat vaksinasi Covid-19

Di bulan Ramadan, umat Islam yang akan divaksinasi perlu memperhatikan dua hal ini, yakni:

1. Istirahat cukup

2. Sahur dengan makan makanan bergizi seimbang.

Selain itu, juga tetap disiplin protokol kesehatan 3M: Memakai masker dengan benar menutupi hidung dan mulut, Menjaga jarak serta hindari kerumunan, dan rutin Mencuci tangan pakai sabun di air mengalir atau menggunakan hand sanitizer.

3. Vaksin tidak membatalkan puasa

Halaman
12
Editor: Muh. Irham
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved