Breaking News:

Sunarlia Limbong, Dosen PIP Makassar Berhasil Jadi Kandidat Doktor di PPS UNM, Judul Disertasinya

Dalam pemaparannya Sunarlia Limbong mengungkapkan alasan memilih topic e-assessment sebagai objek riset disertasinya.

Ist
Keterangan: Sunarlia Limbong, Dosen PIP Makassar Berhasil Jadi Kandidat Doktor di PPS UNM, Senin (5/4/2021) kemarin. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Dosen Politeknik Ilmu Pelayaran atau PIP Makassar, Sunarlia Limbong berhasil mempertahankan gagasan awal untuk riset disertasi S3.

Sunarlia Limbong mempresentasikan judul “E-Assessment model in Assessing Maritime English in Indonesian Maritime Higher Education” di depan tim penguji Program Pascasarjana UNM.

Gagasan awal untuk riset disertasi S3 ini digelar via daring menggunakan aplikasi zoom meeting, Senin (5/4/2021) kemarin.

Tim Penguji gagasan awal atau ujian prelium lisan tersebut dipimpin oleh Ketua Program Studi S3 Pendidikan Bahasa Inggris UNM, Prof Drs Muhammad Basri Jafar, MA, PhD dan beranggotakan Iskandar, MEd, PhD, Prof Dr Kisman Salija, MPd, dan Prof Dr Baso Jabu, MHum.

Dalam pemaparannya Sunarlia Limbong mengungkapkan alasan memilih topic e-assessment sebagai objek riset disertasinya.

Menurutnya Sunarlia e-assessment adalah pemanfaatan teknologi informasi dalam melakukan penilaian.

e-Assessment ini nantinya dapat jadi acuan dan dapat di rekomendasikan dalam memberikan penilaian terhadap Maritime English yg merupakan English Spesific Purposes, di Sekolah pelayaran Indonesia.

“Menarik untuk diteliti kenapa e-assesment ini menjadi basis pengujian di PIP Makassar karena nantinya akan menghasilkan sebuah prototype penilaian yg merupakan model kerja dasar dari penilaian Mareng," jelasnya.

Lokasi penelitian sengaja dipilih tidak hanya di Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar tetapi juga di beberapa Politeknik Pelayaran di Indonesia.

Dari riset ini, Sunarlia Limbong berharap dapat mengungkapkan dan mengembangkan system penilaian bagi taruna maritime di Makassar bahkan di seluruh Indonesia yang berbasis teknologi.

"Serta dapat diakses secara online sehingga memudahkan bagi siapa saja untuk yang bergelut di pendidikan kemaritiman untuk memanfaatkannya," ujarnya.

Ketua Prodi S3 Pendidikan Bahasa Inggris Program Pascasarjana UNM Prof Drs Muhammad Basri Jafar, MA, PhD mengajak para mahasiswanya untuk melakukan kajian yang actual dan futuristic.

"Sehingga sesuai dengan konteks kekinian, terlebih di saat pandemi Covid 19 sedang melanda dunia," katanya.

Sunarlia Limbong ahirnya dapat meyakinkan tim penguji kelayakan gagasan awal risetnya dan dinyatakan lulus dengan nilai rataan 94 (A).

Selanjutnya status dosen PIP kelahiran Makassar ini berubah menjadi kandidat doktor Ilmu Pendidikan Bahasa Inggris PPS UNM.

Penulis: Nur Fajriani R
Editor: Waode Nurmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved