Breaking News:

Tribun Mamuju

Kejati Sulbar Selamatkan Rp 2,2 M Uang Negara dari Dugaan Korupsi DAK Fisik SMK Tahun 2020

Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulawesi Barat (Sulbar), menyelematkan uang negara sebesar Rp2,2 M.

Penulis: Nurhadi | Editor: Sudirman
kasi penkum Kajati Sulbar
Kejaksaan Tinggi Sulbar rilis hasil pengembalian kerugiaan negara dari dugaan korupsi pemotongan DAK fisik Pendidikan SMA tahun 2020 sebesar 5 persen. Pres rilis dipimpin Kajati, Johny Manurung di tenda darurat. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAMUJU - Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulawesi Barat (Sulbar), menyelamatkan uang negara sebesar Rp2,2 M.

Uang negara yang diselamatkan sebesar Rp2,2 M berasal dari dugaan tindak pidana korupsi pemotongan sebesar 5 persen Dana Alokasi Khusus (DAK) Pendidikan SMK se Sulbar tahun 2020.

Hal itu diungkapkan Kejati Sulbar, Johny Manurung saat melakukan konferensi pers di tenda darurat kantor Kajati Sulbar Jl RE Marthadinata, Mamuju, Rabu (7/4/2021).

"Hari ini kami kembali merilis penyelamatan uang negara tingkat penyelidikan kasus DAK fisik Pendidikan SMK se Sulbar sebesar 2.250.272.000,"jelas Johny Manurung.

Kasus dugaan tindak pidana korupsi pemotongan DAK fisik Pendidikan SMK pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sulbar bergulir sejak Februari.

Sebelumnya, Kajati Sulbar telah memanggil 55 kelapa SMK se Sulbar, mereka dimintai keterangannya sebagai saksi atas kasus dugaan korupsi ini.

Kasus dugaan korupsi dana DAK fisik SMK TA-2020 telah dilakukan Penyelidikan oleh Bidang Pidana Khusus berdasarkan Surat Perintah Penyelidikan dari Kajati Sulbar.

Kemudian dari penyelidikan sebanyak 55 Kepala Sekolah dari jumlah keseluruhan 65 Kepala Sekolah SMK se Sulbar telah menyetorkan uang negara ke Jaksa Penyelidik.

"Ada enam Sekolah SMK yang tidak memasukkan dalam RAB untuk potongan dana DAK, serta ada 4 (empat) sekolah yang belum menyetorkan uang negara ke Jaksa Penyidik,"jelasnya.

Diketahui, tahun 2020 anggaran DAK Fisik yang diperuntukkan keseluruhan SMK se Sulbar adalah sejumlah Rp 127.188.963.000,-.

Halaman
12
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved