Breaking News:

Tribun Bulukumba

RSUD Bulukumba Bakal Bakal Terapkan Pelayanan Berbasis Digital, Pasien Tak Perlu Lagi Antri

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sulthan Daeng Radja Bulukumba, kini mulai berbenah menuju pelayanan rumah sakit yang berbasis digital. 

ist
Plt Direktur RSUD Bulukumba, dr H Rizal Ridwan Dappi. 

TRIBUNBULUKUMBA.COM, UJUNG BULU - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sulthan Daeng Radja Bulukumba, kini mulai berbenah menuju pelayanan rumah sakit yang berbasis digital. 

Pasalnya saat ini, RSUD yang beralamat di Jalan Serikaya itu, masih menerapkan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) secara parsial atau belum terintegrasi dalam sebuah bank data digital.

"Dengan sistem digitalisasi ini, nantinya tidak ada lagi yang menggunakan kertas. Semua berbasis digital. Elektronik dan komputerisasi," kata Plt Direktur RSUD Bulukumba, dr Rizal Ridwan Dappi, Selasa (6/4/2021).

Dia menuturkan, digitalisasi tersebut berawal dari ide bupati Bulukumba Muchtar Ali Yusuf, yang menginginkan peningkatan kualitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

"Awalnya memang pak bupati yang mau agar ada digitalisasi pelayanan. Dan sekarang sudah mulai dikerja. Untuk tahap awal, laboratorium dan SIMRS," katanya.

Ia menambahkan, jika pelayanan sudah berbasis digital, maka akan memudahkan pasien yang berobat. 

Termasuk yang berdomisili di desa-desa yang jaraknya jauh dari kota Bulukumba.

"Pasien sudah akan mengetahui, kapan jadwalnya atau hari apa akan dilayani pengobatannya. Termasuk dokter siapa yang menanganinya. Jadi nanti dia (pasien) akan datang pada hari dan jam yang sudah ditetapkan. Tidak mengantre lagi," jelasnya.

"Semoga ini terobosan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan ke masyarakat," tambah dr Risal.

Sekadar diketahui, di era kepemimpinan Muchtar Ali Yusuf - Andi Edy Manaf ini, Pemerintah Kabupaten Bulukumba mendorong RSUD Andi Sulthan Daeng Radja Bulukumba untuk menerapkan sistem digitalisasi rumah sakit secara menyeluruh. 

Halaman
12
Penulis: Firki Arisandi
Editor: Sudirman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved