Breaking News:

Tribun Bone

Ternyata Ini Penyebab Kebakaran Bola Soba di Bone

Kepolisian Resort (Polres) mengungkap hasil penyelidikan kebakaran rumah adat Bola Soba, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan (Sulsel).

TRIBUN-TIMUR.COM/KASWADI
Kapolres Bone, AKBP Try Handako, Kasat Reskrim Polres Bone, AKP Ardy Yusuf dan Paur Humas Polres Bone, Ipda Rayendra Mukhtar 

TRIBUNBONE.COM, TANETE RIATTANG TIMUR - Kepolisian Resort (Polres) mengungkap hasil penyelidikan kebakaran rumah adat Bola Soba, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Kapolres Bone, AKBP Try Handako mengatakan penyebab kebakaran Bola Soba disebabkan arus pendek listrik.

"Dari hasil penyelidikan dan hasil laboratorium forensik (Labfor) Polda Sulsel, murni kebakaran karena arus pendek listrik," katanya saat konferensi pers (29/3/2021).

Try Handako menuturkan, lokasi pertama api kebakaran (LAPK) berada pada kotak kontak rel lubang tiga dengan beban kulkas dan dispenser yang terpasang pada tiang utama kayu di bagian dapur.

"Penyebab arus pendek listrik. Hubungan longgar yang terdapat pada plat tembaga kontak rel dengan lubang kontak tiga yang terhubung longgar dengan tusuk kontak dengan dispenser dan kulkas," tuturnya.

Kata dia, api cepat membesar karena di dekatnya terdapat dinding anyaman (Gamacca) dan triplek, sehingga api cepat membesar dan menjalar ke seluruh isi Bola Soba.

Dalam peristiwa tersebut, sebanyak 12 orang diperiksa baik dari pengelola, Sanggar Seni Arung Palakka dan petugas keamanan dari rumah pribadi Wakil Bupati Bone.

Ia menyampaikan, tak ditemukan adanya kandungan bahan bakar hydrocarbon pada abu dan arang yang diambil dari sisa kebakaran.

Tidak ditemukan unsur kelalaian dari orang atau badan untuk dimintai pertanggungjawaban pidana dalam peristiwa tersebut.

"Pemeriksaan kandungan sampel bahan arang dan abu dengan gas cromatografy dinyatakan negatif. Tidak ditemukan bahan bakar hydrocarbon atau senyawa mudah terbakar," terangnya.

Sebelumnya Bola Soba terbakar, pada Sabtu (20/3/2021) dini hari. Api bersumber dari bagian belakang Bola Soba menjalar ke seluruh Bola Soba.

Kebakaran menyisakan tiang-tiang Bola Soba. Bagia atap dan dinding Bola Soba ludes terbakar.

Laporan Kontributor TribunBone.com, Kaswadi Anwar

Penulis: Kaswadi Anwar
Editor: Sudirman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved