Breaking News:

Upgrade Saluran SUTT Jeneponto - Bantaeng Rampung, Pasokan Listrik Kini Makin Andal

Industri smelter yang berkembang pesat di Pulau Sulawesi merupakan tantangan bagi PLN dalam memasok kebutuhan listriknya secara cukup dan Andal.

Editor: Sudirman
ist
Industri smelter yang berkembang pesat di Pulau Sulawesi merupakan tantangan bagi PLN dalam memasok kebutuhan listriknya secara cukup dan Andal. 

TRIBUN-TIMUR.COM,MAKASSAR -  Industri smelter yang berkembang pesat di Pulau Sulawesi, merupakan tantangan bagi PLN dalam memasok kebutuhan listriknya secara cukup dan Andal.

Perkembangan industri nikel tersebut memberikan dampak positif terhadap roda perekonomian daerah setempat. selain itu tentu juga membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar.

PT Huadi Nickel Alloy Indonesia (HNI) merupakan industri smelter di Kabupaten Bantaeng, yang fokus pada pengolahan dan pemurnian mineral nikel dan telah menjadi pelanggan potensial PLN dengan daya eksisting 40 MW.

Seiring dengan pertumbuhan usahanya saat ini PT Huadi Nickel Alloy Indonesia (HNI), membutuhkan daya listrik tambahan kurang lebih 170 MW.

Tak hanya memastikan kecukupan daya, PLN juga dituntut untuk memberikan keandalan pasokan listrik.

Sehingga PLN melakukan uprating jaringan Transmisi Line Punagaya - Bantaeng smelter sepanjang 78KMS, dengan cara melakukan rekonduktoring SUTT dari penampang konduktor ACSR 240mm-646 A ke ACCC 360mm-1333 A.

Upaya tersebut tentunya bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan keandalan kualitas pasokan listrik kepada Pelanggan.

PLN berhasil melakukan Energize SUTT 150kV Line Transmisi arah GI Bantaeng Switching dengan mengoperasikan PMT 150kV pada GI Bantaeng New, Jumat (26/3/2021).

Hal ini membuat PLN dapat menyuplai daya listrik lebih dari 170 MW ke PT Huadi Nickel Alloy Indonesia (HNI).

Proses Rekonduktoring jaringan Transmisi Line Punagaya - Bantaeng smelter telah dimulai sejak November tahun lalu.

"Saat ini proses Rekonduktoring telah selesai dan telah mendapat Rekomendasi Laik Bertegangan (RLB), Rekonduktoring jaringan Transmisi Line ini sangat penting dalam menjaga kontinuitas pasokan listrik ke pelanggan di Kabupaten Bantaeng," ungkap Rahmat Senior Manager Transmisi PLN UIKL Sulawesi.

Serta meningkatkan kapasitas hantar dari transmisi yang menyuplai industri smelter PT PT Huadi Nickel Alloy Indonesia.

"Kami menyambut antusias energize ini, karena dengan adanya uprating saluran SUTT ini supply listrik ke pelanggan potensial kami dapat lebih andal"

Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved