Breaking News:

Beri Coaching Clinic di Makassar, Jacksen F Tiago Berbagi Ilmu kepada 40 Pelatih Tim Usia Dini

Sebanyak 40 pelatih sepak bola di Kota Makassar mengikuti Mizone Coaching Clinic di Lapangan Emmy Saelan, Minggu (28/3/2021)

Tribun Timur/Muhammad Abdiwan
Jacksen F Tiago saat memberi instruksi kepada pelatih di Makassar, Minggu (28/3/2021) 

Beri Coaching Clinic di Makassar, Jacksen F Tiago Berbagi Ilmu kepada 40 Pelatih Tim Usia Dini

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR  - Sebanyak 40 pelatih sepak bola di Kota Makassar mengikuti Mizone Coaching Clinic di Lapangan Emmy Saelan, Minggu (28/3/2021) hari ini.

Coaching Clinic ini dipimpin langsung oleh mantan Pelatih Timnas, Jacksen F Tiago.

Dibagi dalam dua sesi, pertama teori di dalam kelas selama dua jam, mulai pukul 08:00 - 10:00 Wita, kemudian dilanjutkan praktek lapangan pada pukul 10:30-12:30 Wita.

Coaching Clinic Mizone di Lapangan Emmy Saelan
Coaching Clinic Mizone di Lapangan Emmy Saelan (Tribun Timur/Muhammad Abdiwan)

Ditemui wartawan, Jacksen mengatakan bahwa melalui coaching clinic ini, ia mau ikut memberi kontribusi untuk persepak bolaan Indonesia melalui peningkatan wawasan pelatih lokal.

“Saya sudah cukup lama berkecimpung di Indonesia, dan sekarang masuk masa kontribusi saya untuk sepak bola disini, terutama untuk perkembangan pemain usia dini. Makanya saya sangat mengapresiasi Mizone yang hadirkan saya disini sehigga saya bisa berbagi pengalaman bersama pelatih lokal di Makassar, “ ujar Jacksen yang juga tercatat mantan pemain PSM era 90-an itu.

Mantan pelatih Barito Putera itu juga menuturkan, dalam coaching clinic kali ini, ia menitikberatkan pada pentingnya water break di sela-sela latihan.

Bukan tanpa alasan, kata dia, sebab sudah banyak kejadian pemain bola akhirnya tumbang karena terlalu memforsir latihan hingga tak menyadari jika kondisi tubuh sudah mencapai batasannya.

“Maka pentingnya water break supaya saat kembali latihan, energi penuh lagi. Disini saya beri edukasi mereka, bagaimana pada momen tertentu kita harus hentikan latihan untuk beri kesempatan pemain istirahat dan minum agar kembalikan kondisi mereka lagi, “ terangnya.

Ditambahkan Jacksen, ditengah kondisi sulit sepak bola gegara wabah pandemi Covid-19, kegiatan yang digelar Mizone sangat berarti buat menambah pengetahuan para pelatih.

Terutama cara menjaga kesehatan pelatih dan pemain saat latihan.

Pada kesempatan sama, Ketua panitia, Bustamin mengatakan pelaksanaan kegiatan ini tetap mengedepankan Protokol kesehatan (Prokes) yang ketat saat sesi teori diberikan.

“Kami menggelar kegiatan Coaching Clinic ini dengan harapan dapat meningkatkan wawasan para pelatih lokal kita akan sepak bola modern saat ini. Dan Mizone memberi dukungan dengan mendatangkan Jacksen F Tiago, “ ujar Bustamin.

Apalagi, lanjut dia, selama setahun kompetisi vakum karena pandemi, sehingga melalui kegiatan diharapkan mampu menyegarkan kembali potensi setiap pelatih.

“Tujuannya tentu dapat meningkatkan kualitas pelatih lokal dan bisa mencetak pemain yang hebat, “ pungkasnya. (*)

Penulis: Ilham Mulyawan Indra
Editor: Ilham Mulyawan Indra
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved