Breaking News:

Tribun Sinjai

Kekerasan Perempuan dan Anak Masih Marak di Kabupaten Sinjai

Data korban kekerasan perempuan dan anak pada 2020 lalu di Sinjai sebanyak 19 kasus. Jumlah tersebut turun dari tahun sebelumnya yakni 42 kasus

Tribun Timur/Samsul Bahri
Pelaksana tugas (Plt) Kepala DP3AP2K Sinjai, Haerani Dahlan 

TRIBUN-TIMUR.COM, SINJAI - Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DP3AP2K) Kabupaten Sinjai, tengah berupaya mengurangi angka terjadiny kekerasan perempuan.

Data korban kekerasan perempuan dan anak pada 2020 lalu di Sinjai sebanyak 19 kasus.

Jumlah tersebut turun dari tahun sebelumnya pada 2019 yakni 42 kasus.

Khusus untuk kasus kekerasan terhadap perempuan, jumlahnya pada 2019 dan 2020 sama, yaitu 18 kasus.

"Kami berharap kasus ini akan semakin menurun tetapi tentu ini menjadi tanggung jawab kita bersama untuk saling menjaga," kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala DP3AP2K Sinjai, Haerani Dahlan, Jumat (26/3/2021).

Masih banyaknya kasus kekerasan perempuan dan anak setiap tahunnya, Haerani Dahlan berupaya meningkatkan edukasi bahaya kekerasan perempuan dan anak.

Baca juga: Pemkab Garut Jawa Barat Tertarik Adopsi Perda Kepemudaan Kabupaten Gowa

Baca juga: Pemda Luwu Utara Optimistis Raih Opini WTP ke-9

Selain itu jika ada kasus, pihaknya mengaku siap mengadvokasi.

Selain itu mereka juga memperbanyak sosialiasasi sampai ke tingkat desa dan kelurahan yang ada di Kabupaten Sinjai.

Dalam sosialisasi itu, rencananya akan menggandeng beberapa organisasi termasuk, forum anak dan pemerhati anak lainnya di Sinjai.

"Kekerasan perempuan dan anak memang menjadi perhatian kita semua, karena masih sering terjadi baik di lingkungan keluarga maupun dalam pergaulan kehidupan sehari-hari," katanya.

Dia juga berharap orangtua yang memiliki anak agar meningkatkan pengawasan dan pengendalian terhadap kegiatan-kegiatan anak.

Terutama aktivitas di luar rumah, apalagi saat ini masa pandemi Covid-19 dan anak-anak tidak melakukan pembelajaran di sekolah secara tatap muka.

Pada Februari lalu peristiwa kekerasan seksual terhadap anak juga terjadi di Tribun Lapangan Sinjai Bersatu. Kasus tersebut kini sedang ditangani tersangkanya oleh Polres Sinjai. 

Penulis: Samsul Bahri
Editor: Fahrizal Syam
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved