Breaking News:

Tribun Parepare

Jembatan Kembar Parepare Lewat Atas Bukit, Pembangunan Tunggu Duit dari Pemprov

Syamsuddin Taha juga mengungkapkan bahwa Wali Kota Parepare telah menyampaikan hal tersebut

TRIBUN TIMUR/DARULLAH
Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Parepare, Syamsuddin Taha. 

TRIBUNPAREPARE.COM, PAREPARE - Pembangunan akses jalan dan jembatan kembar di Kelurahan Sumpang Minangae, Kecamatan Bacukiki Barat, Kota Parepare ditargetkan mulai dilaksanakan pada tahun 2021 ini.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Parepare, Syamsuddin Taha kepada Tribunparepare.com, Rabu (24/3/2021).

"Pemkot Parepare berharap proyek akses jalan dan jembatan kembar ini bisa terlaksana ini tahun," katanya.

Syamsuddin Taha juga mengungkapkan bahwa Wali Kota Parepare telah menyampaikan hal tersebut di Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Sulsel beberapa hari lalu.

"Dari bantuan keuangan Pemprov Sulsel, kami minta Rp 57 milyar untuk terlaksananya pembangunan jalan dan jembatan kembar tersebut," pungkasnya.

"Kita barharap tahun ini mendapatkan kucuran keuangan dari Pemprov Sulsel, karena dana itulah yang akan kita pergunakan untuk proyek tersebut," harapnya.

Jembatan tersebut juga diproyeksi mampu menunjang keberadaan dan operasional stasiun besar kereta api di Lumpue, Parepare.

"Akses jalan dan jembatan ini juga menunjang keberadaan salah satu terminal rel kereta api yang juga direncanakan. Jadi pembangunan ini sangat strategis bagi Sulsel," tandasnya.

"Apalagi di jalan tersebut nantinya akan melewati puncak bukit, yang viewnya langsung menyaksikan laut lepas, dan bisa menjadi spot baru untuk menikmati sunset dari atas bukit," bebernya.

Letak jembatan tersebut, kata dia, kurang lebih 1 km ke arah timur dari jembatan Sumpang Minangae dan jalurnya naik ke bukit.

"Pemkot Parepare telah alokasikan terkait perencanaan teknis untuk dokumen lingkungan, dan studi kelayakannya," imbuhnya.

Akses jalan tersebut dengan panjang 3.525 meter dan panjang jembatan 125 meter sebagai jalan alternatif selain Jembatan Sumpang Minangae.

Penulis: Darullah
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved