Breaking News:

Tribun Sulbar

ABM Harap Program Marasa Jadi Model Perencanaan Program Kegiatan di Desa

Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar (ABM), berharap program Mandiri Cerdas Sehat (Marasa) dijadikan model dalam perencanaan program kegiatan di desa berb

Penulis: Nurhadi | Editor: Rasni
Istimewa
ABM Harap Program Marasa Jadi Model Perencanaan Program Kegiatan di Desa 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAMUJU - Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar (ABM), berharap program Mandiri Cerdas Sehat (Marasa) dijadikan model dalam perencanaan program kegiatan di desa berbasis data.

Hal itu disampaikan ABM pada rapat koordinasi dan sinkronisasi program Marasa tahun 2021 sekaligus evaluasi program Marasa tahun 2021 di Hotel Ratih, Polewali  Mandar, Rabu (24/3/2021).

"Program Marasa merupakan salah satu strategi dalam RPJMD 2017-2022 untuk melepas Sulbar dari daerah tertinggal, Marasa diharap bisa memberi perubahan kepada peningkatan ekonomi masyarakat, pemberdayaan masyarakat, berkembangnya potensi desa dan menekan angka kemiskinan,"kata Ali.

Karena itu, kata dia, perlu perhatian dan sinergi dengan semua OPD untuk memfokuskan yang bisa memberikan kontribusi siginifikan terhadap peningkatan capaian Indikator Kinerja Utama (IKU).

"Kita harus merumuskan poin-poin penting terhadap program yang sudah berjalan dan menemukan kekurangan serta mencari solusi untuk memperbaikinya, demi terwujudnya perubahan untuk Sulbar,"ujarnya.

Memasuki tahun ketiga Program Marasa, kata ABM, tidak lagi menyasar desa namun menyasar perkotaan melalui kelurahan dan menitipberatkan pada pola pemberdasayaan masyarakat

"Kita tahun anggaran di APBD sangat terbatas, sehingga perlu berkolaborasi dengan program CSR, artinya program Marasa ini tidak hanya dijalankan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) tapi terintegrasi dengan instansi lain sesuai tugas dan kewenangannya, termasuk instansi vertikal dan pemerintah kabupaten untuk bisa saling bersinergi mengusung program ini menuju masyarakat Sulbar yang Malaqbiq,"tuturnya.

Sekprov Sulbar, Muhammad Idris menyampaikan, di tahun 2021 pemerintah daerah akan terus bekerja menjadikan lokus pemberian layanan melalui program Marasa dua kali lebih bagus untuk  kemajuan desa dan kesejahteraan masyarakat.

"Pemerinta daerah harus memastikan bagaimana desa itu bisa diupgrade dan Insyaallah 575 Desa yang ada di Sulbar,  kita target sudah tidak ada lagi desa dibawah standar rendah,"tuturnya.(tribun-timur.com).

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved