Breaking News:

Tribun Makassar

Progres Pengembangan Bandara Sultan Hasanuddin Sudah 68,7 Persen

Proyek Pengembangan Bandara Internasional Sultan Hasanuddin ini dimulai pada tahun 2019 dan rencana selesai pada Mei 2021. 

Penulis: Andi Muhammad Ikhsan WR | Editor: Imam Wahyudi
TRIBUN TIMUR/IKHSAN
Menhub Budi Karya, saat meninjau proyek pengembangan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Rabu (17/3/2021). 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Menteri Perhubungan Republik Indonesia (Menhub), Budi Karya Sumadi, melakukan kunjungan kerja ke Sulawesi Selatan.

Kunjungan kerja ini dilakukan dalam rangka Peresmian Bandara Toraja. 

Setibanya di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Menhub bergegas melakukan site visit ke Proyek Pengembangan Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, diantaranya ke Terminal Selatan dan Terminal Utama, Rabu (17/3/2021).

Selama kunjungan, Menhub didampingi oleh Direktur Utama Angkasa Pura Aiports, Direktur Teknik Angkasa Pura Airports, Kepala Otoritas Bandara Wilayah V Makassar.

Direktur Operasi PT Wijaya Karya, General Manager Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Pimpinan Proyek PT Wijaya Karya dan Direksi PT Jaya CM selaku konsultan proyek.  

Sebagaimana diketahui, Proyek Pengembangan Bandara Internasional Sultan Hasanuddin ini dimulai pada tahun 2019 dan rencana selesai pada Mei 2021. 

Pengembangan ini dilakukan karena terjadi lack of capacity dari bandara eksisting. Dengan luas 166.005 m2, Bandara Internasional Sultan Hasanuddin nantinya dapat memuat sebanyak 15 juta penumpang pertahun. 

Tak hanya terminal, PT Angkasa Pura I (Persero) juga memperluas apron yang semula terdiri dari 49 parking stand (PS) hanya untuk pesawat narrow body, kini diperluas sehingga dapat memuat 54 PS untuk pesawat narrow body dan 3 PS untuk pesawat wide body. 

Dalam kunjungannya, Menhub menyampaikan bahwa kedepannya Bandara Internasional Sultan Hasanuddin menjadi Bandara HUB Timur Indonesia.  

"Bandara Internasional Sultan Hasanuddin juga menjadi Bandara embarkasi Haji dan Umroh yang melayani jama’ah dari Indonesia Timur," ujar Budi Karya.

Sementara itu, Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero), Faik Fahmi mengatakan, saat ini progres pengembangan Bandara Sulatn Hasanuddin sudah mencapai 68,7 persen.

“Progres pengembangan bandara saat ini mencapai 68,7%. Secara fisik bandara sudah terlihat bentuknya," katanya.

Lanjutnya, meski saat ini jumlah penumpang belum sepadat biasanya, namun ia yakin jika pandemi berakhir, maka penerbangan akan kembali normal.

"Kami tetap optimis bahwa saat pandemi berakhir, penerbangan akan kembali normal," lanjutnya. 

Kunjungan Kerja Menhub ke Sulawesi Selatan ini akan berlangsung selama 2 hari yaitu pada 17 hingga 18 Maret 2021. 

Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved