Breaking News:

Lapas Maros

Warga Binaan Lapas Maros Sudah Bisa Belajar di Kelas, Kalapas Siapkan Guru dan Mata Pelajaran

Warga Binaan Lapas Maros sudah bisa belajar di kelas, Kalapas siapkan guru dan mata pelajaran. Kelas anak merupakan salah satu program Tubagus

Humas Lapas Maros
Warga Binaan Lapas Maros sudah bisa belajar di kelas, Kalapas siapkan guru dan mata pelajaran. Kelas anak merupakan salah satu program Tubagus Muhammad Chaidir sebagai Kalapas 

TRIBUN-TIMUR.COM - Sejumlah anak yang sedang menjalani pembinaan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Maros, mendapatkan haknya untuk mengenyam pendidikan.

Para warga binaan tersebut diwajibkan untuk mengikuti pelajaran di kelas yang disiapkan oleh pihak Lapas.

Kelas tersebut berada di area Lapas yang berada di Jl Poros Kariango, Kecamatan Mandai tersebut.

Kelas anak merupakan salah satu program Tubagus Muhammad Chaidir sebagai Kepala Lapas Maros.

Tubagus sendiri baru beberapa bulan bertugas di Maros. Sebelumnya menjabat sebagai Kalapas Enrekang.

"Pendidikan ini diterapkan supaya mereka optimis meraih cita-citanya. Dimana pun kita berada, belajar harus tetap dilakukan," kata Tubagus, Senin (15/3/2021).

Kegiatan tersebut dilakukan sebagai realisasi dari perintah UUD 1945 bahwa pendidikan merupakan hak bagi setiap warga negara.

Menurut Bagus, sudah seharusnya sebagai salah satu instansi penyelenggara negara, Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Maros melaksanakan tugas tersebut.

"Itu sebagai salah satu upaya untuk mencapai tujuan negara yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa," lanjut dia.

Didalam Undang Undang No 11 tahun 2012 tentang sistem peradilan pidana anak dijelaskan, mereka berhak memperoleh pembinaan, pembimbingan, pengawasan, pendampingan, pendidikan dan pelatihan, serta hak lain sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Ia menyampaikan, pendidikan nanti akan dibagi dalam beberapa kelas, seperti kelas kesenian, Informasi dan Teknologi, kerajinan tangan .

Adapun yang menjadi tenaga pengajaryakni Petugas Pemasyarakatan, Dinas Pendidikan Maros, komunitas dan pihak lain yang bergerak di bidang pendidikan.

"Gurunya ada dari Dinas Pendidikan, BLK  Kemenag Maros dan petugas pemasyarakatan serta komunitas yang bergerak dibidang pendidikan seperti PKBI dan Wiber Makassar," ujarnya.

"Yang dipelajari itu ada materi umum sperti agama dan wawasan kebangsaan. Cuma kebanyakan lebih ke soft skill seperti IT, kesenian dan kerajinan tangan,"kata dia.

Tubagas mengapresiasi atas kinerja yang telah dibangun oleh jajarannya dan kerjasama dengan pihak terkait mampu terealisasi dengan baik.

Editor: Ansar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved