Breaking News:

Tribun Sulbar

Gubernur Sulbar Tinjau Masjid Terdampak Gempa Bumi

Mengingat bulan ramadhan segera tiba, kata Ali Baal, diharap sudah tersedia tempat ibadah yang aman untuk solat tarwih.

TRIBUN TIMUR/NURHADI
Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar meninjau sekaligus menyerahkan bantuan pembangunan masjid terdampak gempa bumi di Majene dan Mamuju. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAMUJU - Gubernur Sulawesi Barat (Sulbar), Ali Baal Masdar, tinjau sejumlah masjid terdampak gempa bumi sekaligus menyerahkan bantuan dari Walikota Balikpapar, Kalimantan Timur, Senin (15/3/2021).

Masjid yang terdampak gempa bumi, tersebar dibeberapa kecamatan, antara lain Kecamatan Malunda, Ulumanda dan Tubo Sendana, Kabupaten Majene.

Kemudian di Kabupaten Mamuju, di Kecamatan Tappalang, Tapalang Barat, Mamuju, dan Simboro.

Gubernur Ali Baal Masdar mengatakan, Pemprov akan memberi perhatian sesuai kemampuan terhadap masjid dan rumah ibadah lain yang terdampak gempa berupa bantuan yang jumlahnya sangat terbatas. 

"Pemprov akan memberi perhatian sesuai kemampuan dengan melihat tingkat kerusakan setiap masjid. Rusak berat, sedang, ringan, secara teknis akan dilihat kondisinya,"kata Ali Baal Masdar.

Mengingat bulan ramadhan segera tiba, kata Ali Baal, diharap sudah tersedia tempat ibadah yang aman untuk solat tarwih.

"Setidaknya, tersedia bangunan sementara (darurat),"ucapnya.

Dia pun mengapresiasi inisiatif warga melakukan gotong royong dan swadaya mendirikan bangunan sementara berupa masjid darurat. 

"Membangun mesjid tentunya bukan hanya sekejap, tapi harus dilakukan secara bertahap. Bukan hanya Gubernur tapi kita semua harus terlibat untuk bersama-sama memberika perhatian agar bisa digunakan kembali berjamaah,"tuturnya.

Diketahui, jumlah masjid dan musalah terdampak gempa di Sulbar sebanyak 262 unit yang mengalami rusak berat, rusak sedang, dan rusak ringan. Di Kabupaten Majene 74 unit dan Kabupaten Mamuju 188 unit.

Kemudian puluhan gereja juga terjadi kerusakan, terdiri 30 gereja kristen protestan rusak berat dan rusak ringan, satu gereja katolik. satu pura dan satu vihara rusak ringan.

Penulis: Nurhadi
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved