Breaking News:

Citizen Reporter

Pemuda Tionghoa Sulsel Gelar Webinar Pemuda Mengabdi untuk Bangsa

Gema INTI Sulsel, Permabudhi Sulsel, Koko Cici Sulsel, dan IPTI Sulsel mengadakan webinar bertema Pemuda Tionghoa Mengabdi Untuk Bangsa

Citizen Reporter/Miguel Dharmadjie
Webinar bertema “Pemuda Tionghoa Mengabdi Untuk Bangsa” yang diadakan oleh Gema INTI Sulsel, Permabudhi Sulsel, Koko Cici Sulsel, dan IPTI Sulsel pada Sabtu (06 Maret 2021) siang. 

Citizen Reporter, Miguel Dharmadjie, S.T., CPS®, CCDd®, Bidang IT dan Media Sosial Perhimpunan INTI Sulsel

MAKASSAR - Guna membangun rasa mengabdi dan menggali peran pemuda Tionghoa kepada bangsa di berbagai sektor kehidupan, Generasi Muda Perhimpunan Indonesia Tionghoa (Gema INTI) Sulsel, Persatuan Umat Buddha Indonesia (Permabudhi) Sulsel, Koko Cici Sulsel, dan Ikatan Pemuda Tionghoa Indonesia (IPTI) Sulsel mengadakan webinar bertema “Pemuda Tionghoa Mengabdi Untuk Bangsa” pada Sabtu (06 Maret 2021) siang.

Tampil sebagai narasumber: Felix Soesanto, MBA. (CEO PT. Bumi Benowo Sukses Sejahtera), William Laurin, S.E. (Ketua Komisi B DPRD Kota Makassar), dan Andry, S.E., M.Si. (Auditor Muda). Sebagai host : Mario Sodikim. S.H., M.Kn. (Wakil Ketua Gema INTI Sulsel).

Sebagai narasumber pertama Felix Soesanto mengatakan mengabdi kepada bangsa dapat dimulai dari hal kecil seperti memperkenalkan budaya, makanan dan baju adat Indonesia pada kegiatan-kegiatan kampus, khususnya bagi mahasiswa yang kuliah di luar negeri.

Selain itu, mengabdi kepada bangsa dapat pula dilakukan dengan membuka usaha. Karena hal itu membuka lapangan kerja dan memberikan penghasilan kepada masyarakat, serta  mempunyai kontribusi yang besar kepada pemerintah daerah maupun pemerintah pusat dalam bentuk pajak yang digunakan untuk menjalankan negara kita.

Sementara itu William Laurin yang tampil sebagai narasumber kedua mengatakan dahulu politik adalah hal yang tabu dibicarakan oleh pemuda Tionghoa, namun sekarang tidak lagi. Kita dapat mengabdi kepada bangsa melalui berbagai sektor, termasuk sektor politik.

Sejak kita bangun tidur sampai tidur lagi, semuanya diatur dalam keputusan politik. Seperti listrik yang kita gunakan harga per-KWH nya diatur oleh keputusan politik. Demikian juga air, pajak dan lain sebagainya. Jadi dengan masuk ke dalam sektor politik, kita bisa mengabdi kepada bangsa dengan memberikan keputusan-keputusan yang adil.

Andry sebagai narasumber terakhir mengatakan saat ini pemuda Tionghoa juga dapat mengabdi kepada bangsa dengan menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Secara formal sudah tidak ada lagi diskriminasi dalam tes masuk PNS, buktinya sebagai pemuda Tionghoa ia dapat masuk menjadi PNS.

Namun yang penting diperhatikan adalah kejujuran dalam menjalankan profesi apapun, khususnya sebagai PNS. Karena dana yang dikelola bukan dana pribadi, melainkan dana seluruh masyarakat.

Ketua Panitia Vicky Florence Go berharap webinar tersebut dapat mempererat persaudaraan dan menyatukan pemuda Tionghoa di Sulsel untuk dapat menentukan masa depannya dan terus berkarya bagi bangsa dan negara tercinta. (*)

           

Keterangan foto :

1.) Webinar bertema “Pemuda Tionghoa Mengabdi Untuk Bangsa” yang diadakan oleh Gema INTI Sulsel, Permabudhi Sulsel, Koko Cici Sulsel, dan IPTI Sulsel pada Sabtu (06 Maret 2021) siang.

Penulis: CitizenReporter
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved