Breaking News:

Tribun Wajo

Hadapi Banjir, Polres Wajo Bikin Perahu Jeriken

Kabag Dal Ops Biro Ops Polda Sulsel AKBP Ade Rahmat, yang memimpin apel siaga bencana itu mengapresiasi

TRIBUN TIMUR/HARDIANSYAH
Perahu jeriken inovasi Polres Wajo dipamerkan saat apel siaga bencana tahun 2021, Jumat (12/3/2021). 

TRIBUNWAJO.COM, SENGKANG - Polres Wajo membuat inovasi, yakni sebuah perahu jeriken yang siap digunakan untuk mengevakuasi warga saat terjadi banjir.

Perahu jeriken berwarna kuning itu dipamerkan pada saat apel siaga bencana tahun 2021 di Mapolres Wajo, Jumat (12/3/2021) sore.

Menurut Kapolres Wajo, AKBP Muhammad Islam Amrullah, adalah solusi termudah dan murah di tengah keterbatasan. Apalagi, Kabupaten Wajo dikenal sebagai daerah langganan banjir.

"Perahu jeriken adalah solusi termudah dan murah serta gampang dirakit merupakan inovasi Polres Wajo dan dapat menampung delapan sampai sepuluh orang dengan menggunakan dayung," katanya.

Diketahui, Polres Wajo memiliki satu perahu karet dan tiga kano yang selalu digunakan di saat bencana.

"Semoga dengan adanya dua buah perahu jergen ini jumlah peralatan yang dimiliki menjadi bertambah dari sebelumnya hanya memiliki satu buah perahu karet dan tiga jauh kano dan dapat bermanfaat saat penanggulangan bencana banjir di wilayah hukum Polres Wajo," katanya.

Kabag Dal Ops Biro Ops Polda Sulsel AKBP Ade Rahmat, yang memimpin apel siaga bencana itu mengapresiasi inovasi Polres Wajo.

"Karya inovasi ini sangat perlu diapresiasi, karena dengan inovasinya mebuat perahu dari jeriken sebagai alat evakuasi warga di saat banjir," katanya.

Sebagaimana diketahui, Kabupaten Wajo menjadi langganan banjir akibat seringnya Danau Tempe meluap. Saat ini saja, beberapa desa dan kelurahan di Kecamatan Sabbangparu dan Kecamatan Tempe terendam banjir.

Penulis: Hardiansyah Abdi Gunawan
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved