Breaking News:

Tribun Luwu Utara

Dishub Luwu Utara Terapkan BLU-e Angkutan Umum

masyarakat atau pengguna angkutan umum bisa mengetahui dan mengecek langsung apakah kendaraan tersebut telah lulus uji KIR

TRIBUN TIMUR/CHALIK
Kepala Dishub Luwu Utara Abdul Hakim Bukara saat uji perdana kendaraan bermotor dengan sistem BLU-e 

TRIBUNLUTRA.COM, MASAMBA - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Luwu Utara menerapkan Bukti Lulus Uji Elektronik (BLU-e) bagi setiap kendaraan berjenis angkutan umum dan angkutan barang.

Penerapan BLU-e pada setiap kendaraan umum dan barang bertujuan agar para pemilik kendaraan rutin dan aktif melakukan uji berkala kendaraannya.

Kepala Dishub Luwu Utara, Abdul Hakim Bukara mengatakan, melalui BLU-e, masyarakat atau pengguna angkutan umum bisa mengetahui dan mengecek langsung apakah kendaraan tersebut telah lulus uji KIR atau tidak.

"Masyarakat bisa mengetahui secara langsung apakah kendaraan telah lulus uji KIR atau tidak," ujar Hakim, Minggu (21/2/2021).

Ia menambahkan, kendaraan yang telah menggunakan BLU-e akan mendapatkan stiker berupa barcode. 

Barcode tersebut nantinya ditempelkan pada bagian kendaraan yang mudah terlihat.

Hal tersebut merupakan tindakan pemerintah untuk memberikan keuntungan bagi para penumpang angkutan umum, untuk dapat melihat kelayakan dari kendaraan yang ditumpanginya.

"Pengecekan dapat dilakukan mandiri oleh para penumpang dengan melakukan scan menggunakan ponsel masing-masing," tandasnya. 

Penulis: Chalik Mawardi
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved