Breaking News:

Tribun Bulukumba

KPU Bulukumba Tetapkan Andi Utta-Edy Manaf Pemenang Pilkada, Ketua Tim: Dilantik Bulan ini

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bulukumba, telah resmi menetapkan Andi Muchtar Ali Yusuf-Andi Edy Manaf sebagai bupati dan wakil bupati Bulukumba terpilih

ist
Ketua Tim Pemenangan Harapan Baru Bulukumba, H Patudangi Azis 

TRIBUNBULUKUMBA.COM, UJUNG BULU - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bulukumba, telah resmi menetapkan Andi Muchtar Ali Yusuf-Andi Edy Manaf sebagai bupati dan wakil bupati Bulukumba terpilih.

KPU telah mengumumkan hal tersebut dalam rapat pleno terbuka yang digelar di Aula Rumah Makan Bersama (RMB), di Jalan Nenas, Kecamatan Ujung Bulu.

Pasca penetapan, Ketua Tim Pemenangan Harapan Baru (HB), H Patudangi Azis, optimistis Andi Utta dan Edy Manaf bakal dilantik bulan ini.

"Setelah melewati proses akhirnya Harapan Baru ditetapkan sebagai pemenang. Ini adalah kemenangan bersama, kemenangan masyarakat Bulukumba. InsyaAllah HB dilantik bulan ini," kata H Patudangi Azis.

Menurutnya, sudah saatnya bersama memulai dengan niat baik untuk membangun Bulukumba

"Pesan pak bupati dan pak wakil (Andi Utta-Andi Edy Manaf) Bulukumba akan maju dan sejahtera jika dimulai dengan niat baik dan kerja keras, saatnya bekerja untuk Bulukumba ," tambah Wakil Ketua DPRD Bulukumba itu.

Sekadar informasi, berdasarkan surat edaran Otoda Kemendagri, pelantikan kepala daerah yang tidak lagi berperkara di MK, digelar serentak pada minggu keempat Februari 2021.

Jika mengacu pada edaran itu, Andi Utta dan Edy Manaf akan dilantik bulan ini, yang jadwalnya direncanakan 25 atau 26 Februari 2021.

Untuk diketahui, di Pilkada Bulukumba 2020 lalu, pasangan calon bupati dan wakil bupati nomor urut 4 Andi Muchtar Ali Yusuf- Andi Edy Manaf (Andy Utta-Edy Manaf) meraih suara terbanyak yakni 92.978 suara.

Selanjutnya disusul pasangan nomor urut 2, Askar HL-Arum Spink dengan 67.855 suara. 

Lalu pasangan nomor urut 3, Tomy Satria Yulianto-Andi Makkasau dengan 63.672 suara dan pasangan nomor urut 1, Andi Hamzah Pangki-Andi Murniyati dengan 12.517 suara.

Setelah pleno rekapitulasi, Askar-Pipink sempat keberatan dan melakukan gugatan ke Bawaslu Sulsel dan MK.

Bawaslu Sulsel memutuskan bahwa sangkaan pelanggaran administrasi pemilihan kepada HB tidak terbukti.

Akhirnya Askar-Pipink mencabut laporan di MK dan Harapan Baru yang diusung Partai Gerindra, PAN, PKS dan Berkarya itu ditetapkan sebagai pemenang Pilkada. (TribunBulukumba.com)

Laporan Wartawan Tribun Timur, Firki Arisandi

Penulis: Firki Arisandi
Editor: Sudirman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved