Breaking News:

Khazanah Islam

Adzan Subuh Berkumandang saat Sedang Sahur Puasa Ramadhan, Lanjut Makan atau Simpan?

Sebentar lagi masuk bulan puasa Ramadhan 1442 atau Ramadhan 2021. Makanya rubrik Tribun Khazanah Islam penulis akan membahas soal hukum puasa Ramadan

Kolase tribun timur / Rasni Gani
Bagaimana Jika Adzan Subuh Berkumandang saat Sedang Sahur Puasa Ramadhan, Lanjut Makan atau Simpan? 

TRIBUN-TIMUR.COM - Sebentar lagi masuk bulan puasa Ramadhan 1442 H atau Ramadhan 2021. Makanya rubrik Tribun Khazanah Islam kali ini penulis akan membahas Tanya Jawab Ramadan soal hukum puasa dan turunannya.

Banyak yang tanya jika Adzan Subuh berkumandang saat seseorang sedang sahur, apakah makanannya disimpan atau bisa lanjut makan? 

Berikut ini pendapat Muqbil bin Hadi Al-Wadi'i dalam tulisan Kumpulan 44 Fatwa.

Pertanyaan: 

Apabila seseorang sedang makan sahur kemudian muadzin mengumandangkan adzan apakah wajib baginya untuk membuang/ mengeluarkan apa-apa yang ada di mulutnya ataukah memakannya ?

Jawaban:

Adapun yang ada di mulutnya maka tidak boleh untuk mengeluarkannya akan tetapi tidak boleh memakan sesuatu apapun setelahnya kecuali air berdasarkan hadits sunan Abu Dawud dari Abu Hurairah  bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wassalam bersabda,

“Apabila muadzin telah mengumandangkan adzan, sedangkan bejana masih dalam tangan seseorang, maka hendaklah dia mengambil keperluan darinya.”

Maka dengan hadits ini tidak mengapa seseorang untuk meminum apabila telah dikumandangkan adzan oleh muadzin dengan syarat air tersebut masih dipegang oleh tangannya.

Niat Puasa Ramadhan

Halaman
123
Editor: Rasni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved