Breaking News:

Tribun Bisnis

Maret, Beli Mobil Baru PPnBM 0 Persen

Insentif penurunan PPnBM sendiri akan berlaku untuk segmen kendaraan 1500 CCke bawah dengan penggerak 4x2.

TRIBUN-TIMUR.COM/SANOVRA JR
Influencer, Sarifah Hana berpose didekat mobil Daihatsu Terios All New di Kantor Showroom Cabang Urip Sumoharjo, Makassar, Jumat (23102020). Daihatsu Terios Mobil SUV merupakan mobil penumpang yang merupakan perpaduan dari mobil sedan dan jeep. Ukurannya tidak begitu besar, namun cukup besar untuk dijadikan mobil keluarga. TRIBUN TIMURSANOVRA JR 

TRIBUN-TIMUR.COM,MAKASSAR - Pemerintah menyiapkan aturan PPNBM (Pajak Penjualan Atas Barang Mewah)  0 persen untuk mobil baru dimulai Maret 2021. 

Kategori mobil apa saja yang mendapatkan insentif pajak tersebut.

Seperti diketahui industri otomotif merupakan salah satu sektor manufaktur yang terkena dampak pandemi COVID-19 paling besar. 

Karena itu pemerintah memutuskan memberikan insentif fiskal berupa penurunan tarif PPnBM.

Kepala AL-DSO Cabang Urip area Sulselbar, Andrianto Saudin berharap pemberian insentif diharapkan mampu meningkatkan kembali pembelian dan produksi kendaraan.

“ Mudah-mudahan kebijakan ini direspon dengan baik oleh masyarakat, makin banyak yang take action sehingga ekonomi bisa bergerak, yang harus diingat pembebasan PPNBM itu ada masanya dan tidak seterusnya, jadi masyarakat bisa bergerak dengan cepat,” ujarnya Senin (15/2/2021).

Insentif penurunan PPnBM sendiri akan berlaku untuk segmen kendaraan 1500 CCke bawah dengan penggerak 4x2.

Kebijakan tersebut dibuat untuk membantu industri otomotif Indonesia.

Mengenai model mobil Daihatsu yang mengusung mesin maksimal 1500 CC dan penggerak roda 4x2 ada Xenia, Terios dan Luxio.

“ Kalau melihat isi SK-nya dimana kendaraan dibebaskan PPnBM adalah 1500 CC kebawah seperti Xenia, Terios dan Luxio, ketiga produk tersebut kontribusi marketnya 30 persen, jadi pengaruhnya di 30 persen dari market tersebut,” tuturnya.

Penulis: Dian Amelia
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved