Breaking News:

Waspada, BMKG Prediksi Besok Luwu Utara dan Wajo Banjir

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Luwu Utara Muslim Muchtar, Kamis (11/2/2021) telah mengetahui hasil analisis data

TRIBUN TIMUR/CHALIK MAWARDI
Banjir merendam Desa Wara, Kecamatan Malangke Barat, Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan, Jumat (22/5/2020). 

TRIBUNLUTRA.COM, MASAMBA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan, waspada potensi banjir.

BMKG memprediksi sejumlah wilayah Luwu Utara akan diguyur hujan dengan intensitas tinggi dan berpotensi menyebabkan banjir pada Jumat (12/2/2021).

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Luwu Utara Muslim Muchtar, Kamis (11/2/2021) telah mengetahui hasil analisis data dari BMKG.

Menurut dia, ada beberapa daerah di Indonesia yang diimbau mewaspadai bencana banjir.

Yakni Bandung, Bogor, Garut, Karawang di Jawa Barat, Pati, Demak, Kudus di Jawa Tengah, Kutai Kartanegara di Kalimantan Timur, Wajo dan Luwu Utara di Sulawesi Selatan.

Dengan adanya analisis ini, Muslim menyebut pemerintah wajib mengambil langkah-langkah antisipasi dan kesiapsiagaan.

Dengan memantau kondisi terkini lapangan dan menyebarkan informasi peringatan (curah hujan, tinggi muka air) dan potensi wilayah terdampak.

"Koordinasi dengan stakeholder dalam penyiapan tim siaga bencana dan sumberdaya mengidentifikasi tempat pengungsian termasuk infrastruktur pengungsian sesuai protokol kesehatan, mengidentifikasi kebutuhan logistik dan peralatan, memastikan alat peringatan dini berfungsi dengan baik, dan memastikan ketersediaan rambu dan jalur evakuasi," jelas Muslim.

Tak hanya pemerintah, masyarakat juga diminta mengambil langkah antisipasi dan kesiapsiagaan.

Dengan menyiagakan tim siaga bencana memantau kondisi terkini lapangan, melakukan koordinasi dengan aparatur desa, mempersiapkan evakuasi, menyimpan barang penting ke tempat aman, membatasi aktivitas di luar rumah.

Jika berada di luar rumah hindari pohon besar, baliho, dan saluran air/gorong-gorong, menyiapkan tas siaga (makanan, minuman, obat, uang, pakaian, dokumen berharga dll).

"Tetap melakukan 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun)," tutup Muslim.

Penulis: Chalik Mawardi
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved