Breaking News:

Tokopedia

Setelah Whatsapp Kini Tokopedia Ubah Kebijakan Privasi, Cek Poin Data Pribadi & Pihak Ketiga

Dalam salah satu poinnya dikatakan Tokopedia berhak membagikan data pribadi ke pihak ketiga.

Rilis Tokopedia
Tokopedia 

TRIBUN-TIMUR.COM - Baru-baru ini heboh media sosial whatsapp yang mengubah kebijakan privasinya.

Hal ini membuat whatsapp dikecam di banyak tempat, bahkan ditinggalkan penggunanya.

Belum selesai masalah whatsapp, giliran marketplace Tokopedia yang mengubah kebijakan privasinya.

Informasi pemberitahuan pengubahan kebijakan privasi Tokopedia ini dikirimkan ke semua pelanggannya.

Berdasarkan pantauan Tribun Timur, email tersebut dikirim hari ini, Senin  (8/2/2020).

Berikut bunyi emailnya.

" Sebagai bentuk komitmen terhadap perlindungan data pribadimu, Tokopedia melakukan perubahan pada Kebijakan Tokopedia. Dengan tetap mengakses atau menggunakan situs/aplikasi Tokopedia, kamu dianggap telah memberikan persetujuan terhadap kebijakan terbaru.  Mohon baca dan pahami Kebijakan Privasi Tokopedia melalui tautan di bawah ini ya. Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut, Anda dapat menghubungi tim Tokopedia Care.  Keamanan data pribadi Anda di Tokopedia adalah prioritas kami"

Salam,
Tokopedia

Meski dalam email dikatakan keamanan data pribadi adalah prioritas, lebih baik luangkan waktu untuk membaca dan memahami kebijakan privasi Tokopedia tersebut.

Salah satu poin yang perlu diwaspadai dalam kebijakan privasi Tokopedia tersebut adalah Pengungkapan Data Pribadi Pengguna.

Dalam salah satu poinnya dikatakan Tokopedia berhak membagikan data pribadi ke pihak ketiga.

Simak selengkapnya, seperti dilansir dari web tokopedia

C. Pengungkapan Data Pribadi Pengguna

  1. Tokopedia berkomitmen untuk menjaga kerahasiaan Data Pribadi Pengguna yang berada di bawah kendali Tokopedia dan menjamin tidak ada pengungkapan, penjualan, pengalihan, distribusi dan/atau peminjaman Data Pribadi Pengguna kepada pihak ketiga lain, tanpa persetujuan dari Pengguna, kecuali dalam hal-hal sebagai berikut: 
    1. dibutuhkan adanya pengungkapan Data Pribadi Pengguna kepada mitra atau pihak ketiga lain yang membantu Tokopedia dalam menyajikan layanan yang tersedia atau layanan yang di kemudian hari akan tersedia pada Situs dan memproses segala bentuk aktivitas Pengguna dalam Situs, termasuk memproses transaksi, verifikasi pembayaran, promosi, dan pengiriman produk.
    2. Tokopedia dapat menyediakan Data Pribadi Pengguna kepada mitra usaha sesuai dengan persetujuan Pengguna untuk menggunakan layanan mitra usaha, termasuk diantaranya aplikasi atau situs lain yang telah saling mengintegrasikan API atau layanannya, atau mitra usaha yang mana Tokopedia telah bekerjasama untuk menyelenggarakan promosi, perlombaan, atau layanan khusus yang tersedia pada Situs, seperti program Tukar Tambah atau Langsung Laku yang diselenggarakan Tokopedia
    3. Tokopedia dapat menyediakan Data Pribadi Pengguna kepada pihak ketiga yang menggunakan dan mengintegrasikan API publik yang disediakan oleh Tokopedia (termasuk namun tidak terbatas pada penyedia layanan mitra usaha Tokopedia) dengan aplikasi atau situs yang dioperasikannya untuk kepentingan penyelesaian transaksi antara Pembeli dan Penjual pada Situs atau tujuan penggunaan Data Pribadi lainnya yang telah disebutkan pada Bagian B Kebijakan Privasi ini. 
    4. dibutuhkan adanya komunikasi antara mitra usaha Tokopedia (seperti penyedia logistik, pembayaran, dan penyedia fitur atau fasilitas layanan lainnya) dengan Pengguna dalam hal penyelesaian kendala maupun hal-hal lainnya.
    5. Tokopedia dapat menyediakan Data Pribadi Pengguna kepada vendor, konsultan, mitra pemasaran, firma/lembaga riset, atau penyedia layanan sejenis dalam rangka kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh pihak ketiga, peningkatan dan pemeliharan kualitas layanan Tokopedia, serta kegiatan publikasi lainnya.
    6. Pengguna menghubungi Tokopedia melalui media publik seperti blog, media sosial, dan fitur tertentu pada Situs, yang mana komunikasi antara Pengguna dan Tokopedia tersebut dapat dilihat dan diketahui oleh khalayak ramai.
    7. Tokopedia dapat membagikan Data Pribadi Pengguna kepada anak perusahaan dan afiliasinya untuk membantu memberikan layanan atau melakukan pengolahan data untuk dan atas nama Tokopedia.
    8. Tokopedia dapat mengungkapkan dan/atau memberikan Data Pribadi Pengguna kepada pihak-pihak yang berkepentingan dalam rangka pelaksanaan analisis kelayakan kredit Pengguna. 
    9. Tokopedia mengungkapkan Data Pribadi Pengguna dalam upaya mematuhi kewajiban hukum dan/atau adanya permintaan yang sah dari aparat penegak hukum atau instansi penyelenggara negara yang berwenang.
  2. Sehubungan dengan pengungkapan Data Pribadi Pengguna sebagaimana dijelaskan di atas, Tokopedia akan/mungkin perlu mengungkapkan Data Pribadi Pengguna kepada penyedia layanan pihak ketiga, agen dan/atau afiliasi atau perusahaan terkait Tokopedia, dan/atau pihak ketiga lainnya yang berlokasi di luar wilayah Indonesia. Meskipun demikian, penyedia layanan pihak ketiga, agen dan/atau afiliasi atau perusahaan terkait dan/atau pihak ketiga lainnya tersebut hanya akan mengelola dan/atau memanfaatkan Data Pribadi Pengguna sehubungan dengan satu atau lebih tujuan sebagaimana diatur dalam Kebijakan Privasi ini dan sesuai dengan ketentuan peraturan perundangan-undangan yang berlaku.

Nah, setelah membaca, setuju atau tidak, terserah dari pengguna.

Masih banyak poin lain yang sebaiknya dibaca dulu.

Editor: Ina Maharani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved