Breaking News:

Gempa Sulbar

Pulihkan Psikis Korban Gempa, Polda Sulbar dan SSDM Polri Lakukan Trauma Healing di Pengungsian

Gempa bumi magnitudo 6.2 SR yang melanda Mamuju dan Majene, Sulawesi Barat (Sulbar) meninggalkan duka mendalam dan trauma

ISTIMEWA
Tim trauma healing SDM Polda Sulbar dan SSDM Polri hibur anak-anak korban gempa di lokasi pengungsian Stadion Manakarra. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAMUJU - Gempa bumi magnitudo 6.2 SR yang melanda Mamuju dan Majene, Sulawesi Barat (Sulbar) meninggalkan duka mendalam, trauma dan depresi, apalagi pada mereka yang masih anak-anak.

Untuk memulihkan kondisi psikis anak-anak korban gempa di lokasi pengungsian, Biro SDM Polda Sulbar melakukan trauma healing di tenda-tenda pengungsian Stadion Manakarra.

Biro SDM Polda Sulbar kolaborasi dengan Biro Psikologi SSDM Polri dan Biro SDM Polda Sulsel.

Para Polwan yang tergabung dalam trauma healing berusa menghibur para anak-anak pengungsi dengan bermain games.

Kabid Humas Polda Sulbar Kombes Pol Syamsu Ridwan mengatakan, trauma healing sangat dibutuhkan oleh anak yang menjadi korban gempa bumi.

"Tindakan ini dilakukan sebagai upaya untuk menyelamatkan masa depan anak-anak agar kembali tertata dengan baik dan berlangsung sesuai dengan apa yang diharapkan,"kata Syamsu Ridwan, Kamis (27/1/2021).

Ia berharap agar para orangtua juga dapat menjadi konselor trauma healing kepada anaknya dengan tetap bersikap tenang dan meluangkan waktu untuk bermain.

“Trauma healing ini sangat dibutuhkan oleh para korban utamanya bagi anak-anak agar rasa trauma dalam diri mereka bisa hilang dan tidak terbawa hingga mereka tumbuh dewasa nantinya,"jelas mantan Kapolres Bulukumba itu.

Menurutnya, Trauma healing ini akan terus berlangsung beberapa hari ke depan hingga rasa trauma yang menyandra psikologi para korban dapat berkurang. (tribun-timur.com)

Penulis: Nurhadi
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved