Breaking News:

Gempa Sulbar

Tim BTB Baznas Enrekang Berikan Trauma Healing Bagi Korban Gempa Sulbar

BTB Baznas Enrekang bergerak ke Sulbar untuk memberikan trauma healing kepada para korban gempa khususnya anak-anak.

ist
Tim BTB BAZNAS Enrekang bergerak ke Sulbar untuk memberikan trauma healing kepada para korban gempa, khususnya anak-anak 

TRIBUNENREKANG.COM, ENREKANG- BTB Baznas Enrekang bergerak ke Sulbar untuk memberikan trauma healing kepada para korban gempa khususnya anak-anak.

Mereka memberikan edukasi trauma healing  untuk 80 orang anak terdampak gempa di Desa Pati'di, Kecamatan Simboro, Kabupaten Mamuju.

Baznas menginisiasi pelatihan trauma tersebut dengan mendatangkan, Trisnawati seorang psikiater profesional.

Tim BTB Baznas Enrekang, Sulfhianingsih mengatakan, untuk menyembuhkan trauma sosial bagi anak-anak membutuhkan waktu yang tidak singkat. 

Bahkan kalaupun sembuh, lingkungannya harus mendukung untuk tetap sehat jiwanya kembali.

Seperti kondisi rumah yang sudah baik.

Untuk menghilangkan trauma bagi keluarga korban gempa, salah satu terapi yang bisa  dilakukan adalah dengan terapi trauma hiling. 

Metode terapi yang dilakukan dengan pelepasan persoalan sejenak, seperti berteriak, bernyanyi, mengunjungi tempat wisata dan kegiatan lainnya, sehingga dapat melupakan persoalan atau trauma, meski sejenak.

"Tak bisa dihindari trauma atas bencana yang terjadi di Sulbar, maka yang bisa kami lakukan adalah upaya penanganan paska bencana dengan trauma healing ini," katanya, Selasa (26/1/2021).

Sementara Trisnawati mengatakan, pemberian trauma healing sangat dibutuhkan agar korban gempa bisa pulih secara mental pasca bencana.

Untuk itu, Ia juga ingin meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan keterampilan trauma healing para anggota BTB Baznas untuk mengatasi, menghadapi para korban gempa di Sulbar. 

"Korban gempa tak cuma membutuhkan bantuan logistik tapi salah satu yang terpenting adalah menyembuhkan trauma mereka dengan cara trauma healing ini," ujarnya. (tribunenrekang.com)

Laporan Wartawan TribunEnrekang.com, @whaiez

Penulis: Muh. Asiz Albar
Editor: Sudirman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved