Breaking News:

CPNS 2021

KABAR GEMBIRA, Pendaftaran CPNS 2021 Buka April, Terima 1 Juta Guru?

Ada Kabar Gembira di momen Pandemi Virus Corona ini. Yap, pemerintah segera membuka seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS 2021. Selain itu, pem

Kolase tribun timur / Rasni Gani
Hore! Kabar Gembira, Lowongan CPNS 2021 Segera Buka, Siapkan Berkas dan 100 Daftar Posisi Bisa Dilamar 

TRIBUN-TIMUR.COM - Ada Kabar Gembira di momen Pandemi Virus Corona ini. Yap, pemerintah segera membuka pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS 2021. Selain itu, pemerintah juga akan merekrut pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja atau PPPK

Kementerian PANRB mengumumkan data formasi seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021 akan diumumkan pada kisaran akhir Maret. Jadi perkiraan akan buka pada April 2021 mendatang.

"Kira-kira seperti itu (April dimulai pendaftaran seleksi CPNS). Tergantung dari selesainya pertimbangan teknis Kemenkeu dan BKN," ujar Plt Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB Teguh Widjinarko saat dihubungi Kompas.com, Rabu (20/1/2021).

"Untuk formasi tahun 2021 dan instansi mana saja yang membuka peluang, kami masih mengolah data yang masuk. paling cepat akan diumumkan pada akhir Maret," sambung Teguh.

Terkait tenaga honorer terbatas untuk menjadi PNS, dirinya menepis hal tersebut. Tenaga honorer tetap bisa mengikuti seleksi CPNS dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), asalkan memenuhi persyaratan sesuai Undang-Undang (UU) Nomor Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara.

Lebih menggembirakan lagi, Kemenpan akan menerima cukup banyak tenaga pengajar atau guru.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik, Kemenpan RB Andi Rahadian, Senin (25/1/2021), menjelaskan, formasi guru masih mendapat jatah terbanyak. 

Jika diakumulasi antara PNS dan PPPK, jumlahnya bisa mencapai 1 juta formasi. 

"Sebenarnya semua warga negara memiliki hak untuk mengikuti seleksi baik CPNS maupun calon PPPK, sepanjang memenuhi persyaratan yang ditentukan. Kita tidak mengarahkan honorer ke PPPK, tetapi dipersilahkan pula mereka yang memenuhi persyaratan untuk ikut dalam seleksi CPNS," jelas dia.

Dia mengatakan, pemerintah mengarahkan para tenaga honorer beralih status menjadi PPPK karena tenaga honorer rata-rata berusia di atas 35 tahun.

Halaman
1234
Editor: Rasni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved