Breaking News:

Pilwali Makassar

KPU Makassar Rangkum Masalah Data Pilwali Makassar 2020

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar melakukan evaluasi data pemilih pada Pemilihan Wali (Pilwali) Kota Makassar 2020.

Istimewa
Komisioner KPU Makassar Romy Harminto 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar melakukan evaluasi data pemilih pada Pemilihan Wali (Pilwali) Kota Makassar 2020 di Hotel Gammara Jl Metro Tanjung Bunga Makassar, Selasa (12/1/2021).

Evaluasi dilakukan tidak hanya Daftar Pemilih Tetap (DPT), tetapi juga Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) dan Daftar Pemilih Pindahan (DPPh).

Komisioner KPU Makassar, Romy Harminto mengatakan titik yang menjadi evaluasi dan review adalah terkait pergerakan data dari Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) ke KPU Makassar.

“Kemudian divalidasi PPDP (Petugas Pemuktahiran Data Pemilih) dalam bentuk coklit (Pencocokan dan Penelitian), lalu diplenokan secara berjenjang dari tingkat kelurahan, kecamatan hingga kota,” ujarnya via pesan WhatsApp.

Lanjut dia, dari titik DPTb KPU Malassar akan mencoba melihat masalah-masalah apa yang terjadi di hari pemungutan terkait DPTb pada Pilwali Makassar 9 Desember lalu.

“Baik tentang kehadiran maupun pelayanan yabg diberikan petugas KPPS. Banyak masukan yang menjadi point review dalam pelaksanaan pemilihan ke depannya,” jelas koordinator Divisi Data KPU Makassar itu.

Hasil evaluasi nantinya akan dirangkum dalam Daftar Inventarisasi Masalah (DIM) yang jadi pemilah ke depannya, agar lebih mudah, akurat dan dapat di validasi.

“Jadi, tidak sekadar evaluasi, namun menjadi rangkuman untuk diperbaiki ke depan,” katanya.

Seperti diketahui, DPT Pilwali Makassar 901.087 orang, yang datang memilih 537.585 orang.

Lalu DPTb Pilwali Makassar 15.117 orang dan yang memilih ada 14.764 orang. Serta DPPh Pilwali Makassar ada 5.489 orang, dan yang memilih 5.128 orang.(*)

Laporan Wartawan tribun-timur.com, @fadhlymuhammad

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved