Breaking News:

Citizen Reporter

Pencanangan Kampung Literasi Bukit Ompoe

Pencanangan Kampung Literasi (KL) Bukit Ompoe, Desa Kalobba, Kecamatan Tellulimpoe, Kabupaten Sinjai.

citizen reporter/suriyani
Pencanangan Kampung Literasi (KL) Bukit Ompoe, Desa Kalobba, Kecamatan Tellulimpoe, Kabupaten Sinjai, Sulsel berlangsung pada Sabtu (19/12/2020). 

Laporan Citizen Reporter

Suriyani
Ketua TIM Penggerak PKK Desa Kalobba
Melaporkan dari Sinjai

TRIBUN-TIMUR.COM - Pencanangan Kampung Literasi (KL) Bukit Ompoe, Desa Kalobba, Kecamatan Tellulimpoe, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan berlangsung pada Sabtu (19/12/2020).

Pencanangan dilakukan Kepala Dinas Pendidikan Sinjai, Andi Jefrianto Asapa didampingi Ketua Forum TBM Sulsel, camat Tellulimpoe, kepala Desa Kalobba, ketua KL, para pegiat literasi, dan warga.

Ketua Forum Taman Bacaan Masyarakat (FTBM) Sulsel, Darmawan Denassa menuturkan KL merupakan kawasan yang menyediakan beragam layanan untuk mendorong warga baik yang menetap di sana atau pengunjung mendapatkan informasi, peningkatan kapasitas, pengetahuan, dan hal positif lainnya.

"Ini untuk meningkatkan pengetahuan serta keterampilan yang bisa dimanfaatkan menjawab tantangan dan peluang yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari," katanya. 

Penyediaan bahan bacaan, media informasi, diskusi warga, mengajak para pihak mengikuti langsung beragam aktivitas warga merupakan merupakan bagian dari layanan di KL.

Bukit Ompoe merupakan area pengembangan usaha pertanian yang diusahakan oleh sebuah keluarga di Dusun Kambuno, Desa Kalobba.

“Baru masuk dalam area ini saya sudah bisa bayangkan potensinya, sebagai tempat belajar kegiatan luar sekolah bagi siswa di sekitar Tellulimpoe,” kata Andi Jefrianto Asapa.

KL Bukit Ompoe merupakan KL pertama di Kabupaten Sinjai, menjadi salah satu inisiasi yang didorong pemerintah Desa Kalobba, PKBM Padaidi, TBM Aksara, PKK Desa Kalobba, FTBM, dan warga.

“Kita memiliki harapan besar KL Bukit Ompoe dalam mendukung pengenalan budidaya pertanian pada warga sembari berwisata di kawasan ini khususnya dan wilayah desa Kalobba secara luas” kata Kades Kalobba, Taufiq. 

KL Bukit Ompoe menjalin kemitraan dengan Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Sinjai, FTBM, semua satuan pendidikan di Kalobba, dan SMK Mannanti. Kemitraan ini masih terbuka bagi berbagai pihak untuk mencapai tujuan pendiriaan KL.(*)

Penulis: CitizenReporter
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved