Breaking News:

Monash University Dapat Izin Nadiem Makarim Buka Kampus di Indonesia, Terima Mahasiswa Mulai 2021

Monash University pun menjadi perguruan tinggi asing pertama yang memiliki kampus di Indonesia.

istimewa
Monash University Dapat Izin Nadiem Makarim Buka Kampus di Indonesia, Terima Mahasiswa Mulai 2021 

TRIBUN-TIMUR.COM- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang dipimpin Nadiem Makarim telah mengeluarkan surat izin operasi bagi Monash University buka kampus di Indonesia.

Monash University pun menjadi perguruan tinggi asing pertama yang memiliki kampus di Indonesia.

Dikutip dari Kompas.com, Nadiem Makarim mendukung pendirian kampus Monash University di Indonesia.

Menurutnya, langkah itu juga memberikan dampak yang baik bagi penguatan sistem pendidikan di Indonesia.

"Kehadiran Monash merupakan dukungan sekaligus bentuk akselerasi terhadap terhadap pendidikan di Indonesia. Hal ini juga menjadi perwujudan eratnya hubungan Indonesia-Australia dalam lingkup sosial, ekonomi dan teknologi," ungkap Nadiem dalam siaran pers yang diterima media, Rabu (2/12/2020).

Yayasan Monash University Indonesia atau Monash Indonesia akan menjadi kampus pascasarjana yang berfokus pada penelitian dan memiliki jaringan hubungan industri.

Program yang ditawarkan adalah jenjang pendidikan S2 (Magister) dan S3 (Ph.D.), serta program eksekutif dan sertifikasi keahlian.

President & Vice-Chancellor Monash University, Margaret Gardner AC mengatakan, peresmian badan hukum dan penerimaan surat izin operasi tersebut merupakan langkah penting untuk meneruskan komitmen Monash University dalam membangun kampus pertama di Indonesia.

"Kampus Monash University Indonesia yang akan beroperasi pada 2021, akan memperluas kehadiran internasional kami, menciptakan kolaborasi riset global, sekaligus memungkinkan mendorong program pengembangan kapasitas profesional dan menghadirkan kesempatan komersial di Industri," kata Gardner.

Selain itu, bilang Gardner, kehadiran kampus di Indonesia ini akan memperkuat jaringan pengajaran kami yang sebelumnya sudah mencakup Australia, Italia, Malaysia, China dan India.

Halaman
123
Editor: Anita Kusuma Wardana
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved