Breaking News:

Rel Kereta Api di Barru Rampung, Stasiun di Pangkep Mulai Dibangun

Hal ini ditandai dengan pengecoran perdana di Kecamatan Mandalle, Desa Manggalung, Kabupaten Pangkep

TRIBUN TIMUR/IKHSAN
Pengecoran perdana pembangunan Stasiun Kereta Api di Kecamatan Mandalle, Desa Manggalung, Kabupaten Pangkep, Kamis (1/10/2020). 

TRIBUNPANGKEP.COM, MANDALLE - Setelah menyelesaikan pembangunan rel kereta api di Barru, Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jawa Bagian Timur, kembali mengerjakan titik yang sudah dibebaskan di Kabupaten Pangkep dan Maros.

Hal ini ditandai dengan pengecoran perdana di Kecamatan Mandalle, Desa Manggalung, Kabupaten Pangkep, oleh Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jawa Bagian Timur, Jumardi, yang rencananya akan dibangun stasiun.

Dalam jalur Pangkep dan Maros akan dibangun 7 stasiun yang akan dikerjakan PT Bumi Karsa.

Stasiun ini yakni, Stasiun Mandalle (km 67+850), Stasiun Ma'rang, Stasiun Labbakkang, Stasiun Pangkajene, Stasiun Rammang-Rammang, Stasiun Maros, dan Stasiun Mandai.

"Khusus di Mandalle ini sudah 24 persen, jadi kalau kita liat progresnya kemungkinan Maret 2021 sudah selesai," ujar Jumardi, Kamis (1/10/2020).

Ia mengatakan, untuk membangun satu stasiun penganggarannya berkisar antara Rp 20 sampai 30 miliar.

"Untuk pembangunan satu stasiun itu, biasanya menghabiskan antara Rp20 sampai Rp30 miliar. Jadi kalau dikalikan 7 stasiun angkanya lebih Rp100 miliar," jelasnya

Untuk pembebasan lahan di kabupaten Pangkep sendiri sudah mencapai 70 persen, sedangkan di Maros 20 persen.

"Pembebasan lahan di kabupaten Pangkep sudah mencapai 70 persen, Maros 20 persen. Kalau Kabupaten Barru semua rel sudah selesai," kata Kepala Humas Pengembangan Perkeretaapian Sulawesi Selatan, Arinova G Utama.

Seperti diketahui, pembangunan jalur KA Makassar-Parepare sediri rencananya punya panjang track 142 km dengan 16 stasiun, dan dimulai sejak 2014 pada tahap I sepanjang 16,1 km di Barru, dan tahap II mulai 2015 sepanjang 51,1 km, tahap III Pangkep 40,5 km, tahap III Maros 22,5 km, dan tahap IV 2017-2019 sepanjang 4,9 km.

Penulis: Andi Muhammad Ikhsan WR
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved