Breaking News:

Kunjungan Kerja

Nurdin Abdullah Tinjau Pengerjaan Jalan Provinsi Toraja Utara-Sulbar

Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), HM Nurdin Abdullah meninjau pelebaran jalan provinsi di Lembang Sikuku.

Penulis: Risnawati M | Editor: Hasriyani Latif
TRIBUN-TIMUR.COM/RISNAWATI
Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah saat meninjau pengerjaan jalan provinsi di Lembang Sikuku, Kecamatan Kapalapitu, Kabupaten Toraja Utara, Sulsel, Kamis (1/10/2020) siang. 

TRIBUNTORAJA.COM, RANTEPAO - Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), HM Nurdin Abdullah meninjau pelebaran jalan provinsi di Lembang Sikuku, Kecamatan Kapalapitu, Toraja Utara, Sulsel, Kamis (1/10/2020).

Pengerjaan jalan provinsi di Toraja Utara ada empat lokasi yang pembangunannya diambil alih Pemprov Sulsel.

Salah satunya ditinjau yaitu poros Tikala, Kabupaten Toraja Utara-Sulawesi Barat (Sulbar).

Sementara Jalan poros Rantepao-Bua, Kabupaten Luwu telah ditinjau Rabu (30/9/2020).

Setelah meninjau lokasi dan menemui warga, Nurdin Abdullah mengatakan Toraja daerahnya sangat indah, sejuk dan memiliki alam luar biasa, namun infrastruktur jalan menuju kawasan wisata rusak.

“Berkunjung ke Toraja mungkin bisa ditempuh lebih cepat, tapi aksesnya menuju kawasan wisata menghabiskan waktu di jalan karena rusak dan sempit,” tuturnya.

Karena itu tahun 2019 Pemprov Sulsel mulai mendorong infrastruktur jalan dan tahun 2020 diharapkan 40 persen akses jalan ke kawasan wisata dituntaskan.

“Tahun depan 70 persen, pengadaan jalan ini penting sekali karena Toraja salah satu destinasi wisata unggulan Indonesia yang sudah dikenal dunia,” ungkapnya.

Dikatakan, dua pemerintah daerah sangat terbatas kemampuannya sehingga mendapat dukungan dari pemerintah pusat dan provinsi.

“Tahun ini kita bersyukur dapatkan program hibah jalan daerah, semoga tahun depan ada lagi di Toraja,” ujarnya.

Pemprov Sulsel akan terus menggenjot pengerjaan empat jalan provinsi di Toraja Utara sehingga akan berkunjung lagi mengecek langsung.

Setelah tinjau lokasi, Nurdin Abdullah beserta rombongan menyempatkan istirahat dan salat di Hotel Mentirotiku milik Anggota DPRD Toraja Utara, MT Parrangan.

Di hotel, rombongan disambut tarian adat dan diberi topi Toraja dan kain tenun.

Turut hadir mendampingi Pjs Bupati Toraja Utara, Amson Padolo beserta jajaran Pemkab Toraja Utara dan Anggota DPRD Sulsel, Jufri Sambara.(*)

Laporan Wartawan TribunToraja.com, @cinnank17

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved